Kenalkan Dunia Nano Kepada Anak

FTMM NEWS – Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, namun juga melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) melalui project dosen Program Studi Rekayasa Nanoteknologi mewujudkan salah satu pilarnya dengan kegiatan pengabdian masyarakat kepada anak-anak. Berkolaborasi dengan mahasiswa Program Studi rekayasa nanoteknologi, pengmas ini bertajuk “Ayo Eksperimen”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (15/10) di Laboratorium Rekayasa Nanoteknologi Kampus C. Adapun materi eksperimental yang diberikan berupa: pelangi, netralisasi, panas dingin, es kering, roket suntikan, jas ujan dan Iodine clock.

Pada kegiatan tersebut peserta dibagi dalam 10 kelompok yang dibimbing oleh masing-masing 2 mentor. Masing-masing eksperimen dilaksanakan selama kurang lebih  20 menit berserta dengan penjelasannya. Dr. Eng Mochamad Lutfi Firmansyah M.Phil, S.Si, dosen Prodi RN mengatakan, tujuan dari acara ini adalah supaya peserta dapat melakukan dan memiliki pengalaman bereksperimen secara individual, serta dapat mendapatkan pengetahuan baru terkait perlakuan eksperimental tersebut.

 

Seorang peserta menuangkan cairan kimia dalam eksperimen, Sabtu (15/10)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 30 peserta anak-anak dengan rentang usia 6-10 tahun dan dimentori oleh 10 mahasiswa program studi rekayasa nanoteknologi dan tentunya dibawah pengawasan dari seluruh dosen. 

Setelah pengujian eksperimen selesai, beberapa mahasiswa Prodi Rekayasa Nanoteknologi melakukan evaluasi terhadap pemahaman anak-anak terhadap materi yang diberikan berupa pertanyaan dan pemberian hadiah sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang menjawab dengan benar.

Sementara menurut Nahja Faraghota, selaku mahasiswa Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, kegiatan ini berlangsung sukses. Ayo Eksperimen menjadi kegiatan pertama yang melibatkan mahasiswa semester 3 BKI. Selain itu, peserta pengmas juga antusias ikuti acara sampai selesai.(*)(and)

Kontributor :  Dhurriah Zain Mahasiswi Prodi Rekayasa Nanoteknologi

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts