Delegasi FTMM Ikuti Program WUACD di Malaysia

FTMM NEWS – Program World University Association Community Development (WUACD) yang digagas oleh Universitas Airlangga bersama salah satu anggota WUACD yaitu Universiti Teknologi Malaysia, berlangsung dengan sejumlah agenda. Sejumlah agenda tersebut yaitu diskusi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru dan di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) Malaysia.

Sigit Suryantoro Widiyantoro (Konjen) memimpin langsung pertemuan ini diikuti Ir. Suharti M.A, Ph.D (Sekjen Kemendikbud Johor Bahru), Muhammad Rizali Noor (Pelaksana Fungsi Pensosbud dan Kepala Sekolah Sekolah Indonesia Johor Bahru), Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si (Wakil Rektor bidang RICD), Perwakilan Fakultas di UNAIR (Wakil Dekan 3 atau yang mewakili). PIC UTM yang hadir adalah Assoc Prof. Dr. Ardiansyah.

Prof. Nyoman memimpin tim UNAIR untuk menyampaikan dukungan community development dari Unair kepada KJRI Johor Bahru. Selain itu, masing-masing fakultas menyampaikan program yang telah berlangsung untuk referensi kegiatan community development di Malaysia khususnya KJRI Johor Bahru, melalui ke-2 karya buku yang sudah di serahkan ke Konjen.

Delegasi WUCD Juga Kunjungi Sekolah Migran Indonesia

Sesudah acara pertemuan, delegasi melanjutkan dengan kegiatan kunjungan Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) yang membawahi level SD dan SMP dengan total keseluruhan adalah 350 Siswa. Lokasi SIJB berada pada satu lokasi yang sama dengan KJRI Johor Bahru. Siswa dalam naungan SIJB adalah putra-putri dari imigran Indonesia yang tidak memiliki dokumen legal sehingga tidak bisa mendapat Pendidikan layak di Malaysia.

Dalam sesi dikusi, delegasi mendapatkan berbagai informasi tantangan. Salah satu contohnya adalah harapan UNAIR melalui program-program community development. Mereka mengharapkan peran UNAIR untuk memberikan solusi dari berbagai macam tantangan yang ada. Contohnya, salah satu harapan yang perwakilan guru SD sampaikan adalah dukungan dari FTMM UNAIR untuk pelatihan robotik. mereka berharap FTMM UNAIR dapat memberikan pelatihan tersebut kepada para siswa SD dan SMP. Tujuannya agar dapat meningkatkan pengetahuan teknologi masa kini.

Prodi Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknik Industri, Teknik Elektro, serta Teknologi Sains Data dapat membantu implementasi berkelanjutan di Johor Bahru. Wakil Dekan 3 FTMM UNAIR, Prof. Dr. Retna Apsari, IPM berharap program lanjutan dapat membantu meningkatkan kesejahterann para pekerja migran di Johor Bahru dan keluarganya. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa implementasi Community Development ini,  sangat bersinergi dengan SDGs 3 (Good health and well being) dan SDGs 4 (Quality Education).

Sumber : UNAIR NEWS

Editor : Ananta Adhi Wardana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts