Workshop Jelang Akreditasi LAM-Teknik

FTMM NEWS – Bidang Akademik Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga melangsungkan workshop persiapan akreditasi untuk program studi. Khususnya Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM-Teknik). Workshop berlangsung di ruang rapat lantai 10 GKB-C, Kamis (16/11).

Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik merupakan Lembaga akreditasi mandiri yang bertugas untuk melakukan proses akreditasi untuk program studi keteknikan di Indonesia. Proses ini menindaklanjuti proses pengakuan mutu sesudah FTMM memproses lewat BAN-PT 2023.

Workshop menghadirkan Helmy Yusuf, Ph.D dari Badan Penjaminan Mutu UNAIR,  Prof. Ir. Hadi Suyono, ST., MT., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Turut hadir, unsur pimpinan fakultas, Koordinator Program Studi, dan dosen.

Prof. Dr. Dwi Setyawan, S.Si., M.Si., Apt Dekan FTMM mengatakan, tahun 2024 merupakan tahunnya akademik. Fakultas berkomitmen serius tentang bidang ini, khususnya mendapatkan akreditasi dari LAM-Teknik.

Persiapan akreditasi Program Studi 

Sementara itu, Helmy Yusuf, S.Si., M.Sc., Ph.D Sekretaris Badan Penjaminan Mutu UNAIR menyampaikan beberapa hal tentang persiapan.

“Akrditasi bukan sekedar mengisi borang, tetapi bagian dari evaluasi diri,” jelasnya.

Banyak hal yang perlu disiapkan. Misalnya pembentukan tim, melengkapi dokumen, pengajuan permohonan. Selain itu, BPM akan melakukan telaah dokumen. Sesudah mendapatkan verifikasi dari BPM, FTMM bisa mengajukan pendaftaran ke LAM.

Prof. Hadi Suyono menambahkan, akreditas berjenjang dari UNAIR sudah mengarah dari nasional ke internasional. Misalnya dengan lembaga IABEE. Sebagai lembaga internasional non-profit di Indonesia menggunakan standar internasional Washington Accord (WA).

Tiap proses ini juga memiliki timeline tersendiri. Prof. Hadi berharap FTMM bisa segera menyiapkan diri, untuk bisa memproses tahapan demi tahapan dari proses untuk mendapatkan mutu dari LAM Teknik.

Penulis : Andri Hariyanto

 

 

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X