Transformasi Digital dan Peran Teknologi Sains Data

FTMM NEWS – Teknologi sains data dan transformasi digital memiliki kaitan erat karena menjadi pilar utama dalam mendorong perubahan digital dalam suatu organisasi. Dalam transformasi digital, teknologi sains data memungkinkan organisasi untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dengan lebih efektif. Sains data memberikan landasan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, inovasi produk dan layanan, serta optimasi proses bisnis secara keseluruhan. Dengan menggunakan teknologi sains data, organisasi dapat mengoptimalkan operasi mereka. Namun, masih tetap kompetitif dalam lingkungan bisnis yang terus berubah. 

Contoh penerapan ilmu teknologi sains data dalam transformasi digital 

  1.   E – commerce

E – commerce atau perusahaan ritel tradisional banayk beralih ke platform e-commerce untuk menjual produk mereka secara online. Mereka tidak hanya membangun situs atau aplikasi untuk menjual produk mereka, tetapi juga memanfaatkan analisis data untuk memahami perilaku pembeli. Mengimplementasikan strategi harga dinamis yang disesuaikan dengan faktor-faktor seperti permintaan pasar, waktu pembelian, dan profil pelanggan.

  1.      Netflix

Netflix menggunakan teknologi sains data untuk menganalisis pola penonton dan preferensi mereka. Dengan menggunakan algoritma machine learning, Netflix dapat merekomendasikan konten yang sesuai dengan minat dan kebiasaan menonton setiap pengguna. Netflix telah menjadi salah satu pemimpin dalam transformasi digital dalam industri hiburan.

     3.     Gojek

Gojek menggunakan teknologi sains data untuk mengoptimalkan proses penjadwalan perjalanan dan pengelolaan armada transportasi. Dengan menganalisis data lalu lintas, pola perjalanan, dan permintaan pengguna, Gojek dapat memprediksi permintaan perjalanan dan mengalokasikan transportasi dengan efisien. 

Dalam konteks transformasi digital, peran teknologi sains data tidak dapat dipandang remeh. Teknologi sains data memiliki peran sebagai tulang punggung dari transformasi digital. Sehingga, teknologi sains data memainkan peran sentral dalam membentuk masa depan bisnis di seluruh dunia. Teknologi sains data dapat menyelesaikan berbagai masalah. Antara lain, data yang mendukung pengambilan keputusan, personalisasi pelanggan, analisis prediktif, efisiensi operasional, dan inovasi produk. Karena itu, investasi dalam teknologi sains data adalah keharusan bagi organisasi yang ingin tetap kompetitif dan beradaptasi di era digital.

 Daftar Pustaka

Maulid, R. (2021, 8 Maret). Aplikasi Netflix dalam algoritma machine learning.  Sumber: https://dqlab.id/aplikasi-netflix-dalam-algoritma-machine-learning#:~:text=Netflix%20menggunakan%20algoritma%20machine%20learning%20untuk%20memprediksi%20pola%20penonton%20dan,menonton%20film%20atau%20acara%20tertentu

MNP. (2024). Bagaimana transformasi digital mengubah wajah e-commerce global saat ini. Sumber: https://mnp.ac.id/news/bagaimana-transformasi-digital-mengubah-wajah-e-commerce-global-saat-ini/

Habibi, B.Z. (2024). “Manfaat Big Data pada Bisnis E-Commerce di Indonesia.” Sumber: https://crocodic.com/manfaat-big-data-pada-bisnis-e-commerce-di-indonesia/#:~:text=Dengan%20menggunakan%20analisis%20big%20data,waktu%20pembelian%2C%20dan%20profil%20pelanggan

Penulis : Azka Saqila Rochman, Mahasiswa Prodi Teknologi Sains Data

Editor : Aziz Fajar

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts