Tingkatkan Kolaborasi, FTMM Lakukan Kunjungan ke Universiti Teknologi Malaysia

FTMM NEWS – Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin UNAIR melakukan kunjungan ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada 2-5 Desember 2023. Pada kesempatan kali ini, FTMM mengunjungi kampus UTM yang berlokasi di Johor Bahru, Malaysia. Peserta kunjungan kali ini adalah Wakil Dekan 3 FTMM, Prof. Retna Apsari, M.Si., Sekretaris Departemen Teknik, Dr. Raden Joko Kuncoroningrat Susilo, M.Si., dan Koordinator Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Purbandini, S.Si., M.Kom. Selain itu, 4 dosen juga turut serta dalam kegiatan kunjungan ini, yaitu Dr. Maryamah, S.Kom dan Mohammad Ghani, S.Si., M.Si., Ph.D (Teknologi Sains Data), Rodik Wahyu Indrawan, S.ST., M.Tr.T. (Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan), dan Rizky Astari Rahmania, S.T., M.Sc (Teknik Industri). Kegiatan kunjungan ini merupakan bentuk kegiatan staff outbound yang juga berbarengan dengan kegiatan student outbound. Peserta student outbond kali ini adalah 15 orang mahasiswa dari 5 program studi.

Di hari pertama, rombongan FTMM mengunjungi Laser Center dan disambut oleh Ts. Dr. Muhammad Safwan Abd Aziz, Director of Laser Center. Pada kesempatan ini, FTMM dan Laser Center membahas program kerjasama, salah satunya adalah staff mobility program untuk periode 2024. Rombongan juga berkesempatan mengunjungi laboratorium yang berada di Laser Center untuk melihat dan mendapatkan penjelasan tentang research yang terlaksana di Lase Center. Setelah dari Laser Center, rombongan mengunjungi Pusat Pengurusan Makmal Universiti (PPMU) untuk melihat laboratorium penelitian yang ada di sana. Beberapa laboratorium yang terkunjungi adalah Microscopy & Imaging Laboratories, X-Ray & Thermal Analysis Laboratories, dan Mass Spectrometry & Molecular Spectroscopy Laboratory.

Kunjungan ke Laser Center

Selepas dari PPMU, rombongan mengunjungi Ibnu Sina Institute untuk bertemu dengan perwakilan dari Centre for Sustainable Nanomaterials (CSNano). Ir. Ts. Dr. Rosnani bte Hasham yang merupakan associate member dari CSNano sekaligus dosen dari Faculty of Chemical and Energy Engineering menyambut kedatangan rombongan FTMM. Dalam kesempatan ini, forum membahas kerjasama dalam bidang student and staff mobility.

Kunjungan Hari Kedua

FTMM mengunjungi Faculty of Computing UTM di hari kedua. Research Manager dari Faculty of Computing, Assoc. Prof. Dr. Mohd Murtadha bin Mohamad menyambut rombongan dalam kunjungan kali ini. Kunjungan ini membahas tentang kerjasama antara FTMM dan Faculty of Computing dalam bidang student and staff mobility serta adjunct professor baik dalam bidang teaching maupun research. Di Faculty of Computing, rombongan juga mengunjungi beberapa laboratorium. Selain itu, rombongan juga berkesempatan untuk melihat dan mencoba D.I.A.N.A yang merupakan Intelligent Hologram Avatar milik UTM.

Setelah Faculty of Computing, rombongan melanjutkan kunjungan ke Faculty of Science. Deputy Dean bidang Research, Development, and Innovation, Prof. Dr. Suhairul Hashim menerima dan memberikan sambutan kepada rombongan FTMM. Di kunjungan kali ini, kedua fakultas membahas kerjasama di berbagai bidang, khususnya research.

Kegiatan kunjungan ke UTM kali ini bertujuan untuk berdiskusi mengenai lanjutan kerjasama di berbagai bidang, baik staff outbound, student outbound, research collaboration, joint class, maupun adjunct professor. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengikuti kuliah di UTM untuk memperkaya pengalaman dan memperluas jaringan. Forum lanjutan secara online juga telah terencana untuk membahas secara detail terkait program-program kolaborasi internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Harapannya, dengan terlaksananya kegiatan kunjungan kali ini, akan akan semakin meningkatkan performa FTMM di kancah Asia dan dunia. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari SDGs 17: Partnership for the Goals.

 

Penulis: Rizky Astari Rahmania

Editor: Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts