Sinergi Potensial antara Teknik Industri dan Teknologi Sains Data dalam Bisnis dan Industri

FTMM NEWS – Apakah terdapat keterkaitan antara teknik industri dan teknologi sains data? Hubungan antara dua bidang studi tersebut tentunya tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling berkaitan erat dan saling mendukung. Teknik industri adalah bidang studi yang mengkaji proses industri, meliputi tahapan pengembangan, perancangan, implementasi, dan pengendalian sistem produksi dan operasi bisnis. Sedangkan teknologi sains data adalah gabungan dari teknologi dan sains data yang digunakan untuk menganalisis, menginterpretasi, dan mengekstraksi informasi dari data yang kompleks dan besar.

Seiring dengan itu, teknik industri dan teknologi sains data bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu di berbagai bidang seperti bisnis, manufaktur, dan industri. Teknik industri berkaitan dengan desain, pengembangan, dan peningkatan sistem yang melibatkan manusia, mesin, dan proses. Sementara itu, teknologi sains data berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan visualisasi data untuk menghasilkan wawasan bisnis dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Teknologi sains data dapat digunakan dalam teknik industri untuk meningkatkan efisiensi produksi, memprediksi kegagalan mesin, dan meningkatkan kualitas produk. Di sisi lain, teknik industri juga dapat memberikan kontribusi yang penting bagi teknologi sains data dengan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses dan sistem yang harus dipantau dan dianalisis. Hal itu dapat memastikan bahwa data yang diperoleh dan dianalisis relevan dan akurat sehingga memungkin hasil yang lebih baik dalam analisis dan pengambilan keputusan.

Kedua bidang studi ini pastinya memiliki keunggulan yang berbeda-beda tergantung pada konteks dan tujuan penggunaannya. Keunggulan teknologi sains data meliputi kemampuan untuk memproses, mengelola, dan menganalisis data dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien, lLalu teknologi sains data juga dapat mengolah dan menganalisis data yang berbeda jenis atau bervariasi seperti data terstruktur dan tidak terstruktur. Selain itu, bidang studi ini juga memiliki kemampuan untuk memprediksi berbagai hasil bisnis, seperti permintaan pasar, penjualan, dan keuntungan yang memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih akurat tentang strategi bisnis. Sedangkan keunggulan teknik industri dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses produksi dan manufaktur, memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan teknik industri untuk menciptakan produk-produk yang berkualitas dan efisien,. Selain itu, bidang studi ini juga memiliki kemampuan untuk mengukur dan mengendalikan kinerja sistem produksi dan manufaktur yang dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya produksi.

Bagaimana contoh Kerjasama kedua bidang studi ini?

Saya akan berikan contoh kasus, misal terdapat perusahaan manufaktur elektronik ABC yang memproduksi berbagai macam produk elektronik, termasuk telepon seluler, laptop, dan televisi. Perusahaan tersebut menghadapi masalah dalam mengelola kualitas produk dan memperbaiki efisiensi produksi.

Untuk meningkatkan kualitas produk, perusahaan menggunakan teknologi sains data untuk menganalisis data kualitas dari produk yang diproduksi dan memprediksi potensi kegagalan di masa depan. Data yang dihasilkan dari masing-masing produk dan komponennya dikumpulkan dan dianalisis menggunakan algoritma machine learning. Hasil analisis tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi produk yang memiliki risiko kegagalan lebih tinggi dan menentukan bagian-bagian produk yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitasnya.

Sementara itu, teknik industri digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi. Dengan menggunakan konsep Lean Manufacturing, perusahaan dapat meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk proses yang tidak perlu, menghilangkan limbah produksi, dan meningkatkan kualitas produk. Teknik industri juga digunakan untuk merancang ulang sistem produksi dan mengoptimalkan proses produksi agar lebih efisien dan hemat biaya.

Dengan menggabungkan teknologi sains data dan teknik industri, perusahaan ABC berhasil meningkatkan kualitas produk dan memperbaiki efisiensi produksi. Kualitas produk meningkat secara signifikan, sedangkan biaya produksi dan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi setiap produk berkurang. Hal itu membuat perusahaan lebih efisien dan dapat bersaing dengan perusahaan lain di industri yang sama. 

Kontributor : Kania Putri Octavia, Mahasiswa Prodi Teknologi Sains Data.

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts