SIMAMAD: Aplikasi Pemantau Sistem Penyediaan Air Minum untuk Desa-Desa di Indonesia

FTMM NEWS – Apakah Anda pernah mengalami air mati di lingkungan rumah Anda? Ketika air mati, aktivitas sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan buang air terganggu. Padahal di Indonesia, masih banyak wilayah tanpa akses yang memadai ke air bersih dan sanitasi. Salah satu tantangan utama yang dihadapi Indonesia adalah keterbatasan air baku akibat pencemaran limbah domestik (Suryani, 2020). Pencemaran ini memicu masalah serius seperti peningkatan penyakit terkait air. Salah satunya adalah diare, yang menyebabkan kematian anak di bawah lima tahun (Elysia, 2018). Oleh karena itu penting untuk mencari solusi yang efektif dalam menyediakan air bersih dan sanitasi yang memadai.  

Untuk mengatasi tantangan ini, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Fase 3 PAMSIMAS berlangsung hingga 2020. Di fase ini, sasarannya adalah 15.000 desa baru dan meningkatkan keberlanjutan program di 27.000 desa. Tujuan dari program ini adalah menyediakan air bersih dan sanitasi yang lebih baik (Siswanto et al., 2021).

Ini Inovasi SIMAMAD

Salah satu inovasi PAMSIMAS adalah aplikasi SIMAMAD (Sistem Informasi Manajemen Air Minum Aman Desa). Aplikasi ini memungkinkan perangkat desa untuk melihat informasi tentang desa atau kelurahan yang menjadi wilayah kerja SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum). Informasi ini mencakup status akses air minum, kualitas air, dan statistik terkait sambungan rumah yang terhubung dengan jaringan perpipaan SPAM. Dengan SIMAMAD, perangkat desa juga dapat memperbarui data dengan mudah.

SIMAMAD memungkinkan Indonesia mengambil langkah inovatif menuju Sustainable Deveopment Goals nomor 6, yaitu “Air Bersih dan Sanitasi Layak”. Dengan pemantauan dan manajemen yang efisien, SIMAMAD membantu masyarakat desa mendapatkan air bersih yang lebih berkualitas. 

Daftar Pustaka:

Elysia, V. (2018). Air Dan Sanitasi: Dimana Posisi Indonesia? In Seminar Nasional Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs (pp. 157–179).

Siswanto, A. B., Salim, M. A., & Karim, R. A. (2021). EVALUASI PENGEMBANGAN SARANA AIR MINUM PADA PROGRAM PAMSIMAS KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA. Rang Teknik Journal, 4(2), 325–338. https://doi.org/10.31869/rtj.v4i2.2616

Suryani, A. S. (2020). Pembangunan Air Bersih dan Sanitasi saat Pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), 199–214. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i2.1757

 Penulis :  Aura Najma Kustiananda

Editor : Andri Hariyanto

 

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts