Sepeda Listrik Dukung Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih dan Terbarukan

FTMM NEWS – Pengabdian Masyarakat penugasan di Pulau Gili Iyang dengan tema “Sepeda Listrik dan Solar Panel Shelter for E-Bike Charging sebagai sarana mobilitas tenaga kesehatan puskesmas di Pulau Gili Iyang, Sumenep” turut mendukung green global. Pengmas yang diketuai dosen Teknik Elektro, Yoga Uta Nugraha, S.T., M.T  menciptakan sebuah sepeda listrik dan charging station untuk Pustu Desa Bancamara. 

“Sepeda listrik ini memanfaatkan energi baru terbarukan yaitu cahaya matahari melalui panel surya monokristal,” tutur Yoga Uta.

Charging station yang diletakkan di kawasan wisata Gua Canggah Desa Banraas ini tidak hanya untuk mengisi daya sepeda listrik, tetapi juga kebutuhan lain warga setempat. Charging station diciptakan untuk mendukung renewable energy sehingga dapat menekan eksploitasi energi fosil yang hampir habis. 

“Kawasan wisata Gua Canggah memiliki kualitas udara sangat bersih. Kemarin saya cek dengan AirFeel mencapai 21.8,  jadi kami gak mau mengotori kawasan tersebut,” ujar Farhan. 

Ia menambahkan jika keberadaan charging station di kawasan tersebut membawa manfaat dan tidak membawa dampak yang buruk pada lingkungan. Hal ini sejalan dengan point tujuan ke – 7 Sustainable Development Goals (SDGs).(ant/and)

Kontributor : Antik Widi Anugrah, Mahasiswa Teknik Elektro 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts