SEGTA Hari Pertama, FTMM Ajak Mahasiswa Internasional Lebih Dekat dengan UNAIR dan Surabaya

FTMM NEWS – Serangkaian program Sustainable Energy and Green Technology Applications (SEGTA) Fall 2022, secara resmi telah mulai pada Rabu 9 November 2022. Delegasi program dari berbagai negara ini turut mengikuti sidang Dies Natalis Universitas Airlangga ke-68 di Aula Garuda Mukti Kampus C UNAIR.

Para peserta dari beberapa benua ini dengan khidmat menyimak orasi Prof. Dr Moh. Nasih, S.E., M.T., Ak., CMA, selaku rektor Universitas Airlangga. Selain itu, turut hadir Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikan, serta Dahlan Iskan sebagai tokoh nasional.

Gelaran sidang dies natalis tersebut menjadi momen sakral yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Bagaimana tidak, UNAIR dalam hal ini memberikan persembahan berupa produk untuk mengatasi permasalahan di masyarakat.

“FTMM dalam perjalananya menuju tiga tahun juga telah memberikan sumbangsih berupa pemikiran dan karya inovatif untuk menuntaskan problematika di masyarakat,” ungkap Prof. Dr. Dwi Setyawan selaku Dekan FTMM.

Produk unggulan FTMM saat ini yakni pada bidang energi baru dan terbarukan. Seperti halnya teknologi solar hidroponik dengan Smart Farming bernama ARSENIK. Inovasi tersebut dinikmati langsung oleh masyarakat Desa Karangploso, Gempol, Kab. Pasuruan.

Lebih lanjut, inovasi seperti ARVOS yang merupakan robot autonomous yang mampu membersihkan panel surya guna mempermudah maintenance juga turut disuguhkan FTMM. Serta masih banyak produk unggulan lainnya dari kelima prodi FTMM.

PROF Dr Retna Apsari saat Memberikan Sambutan

Di sisi lain, gelaran SEGTA 2022 dibuka langsung oleh Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si, selaku Wakil Dekan III FTMM UNAIR. Dalam sambutannya, Retna menyambut hangat kedatangan peserta internasional ini.

Kolaborasi dengan WUACD

“Agenda ini berkolaborasi dengan World University Association for Community Development (WUACD). Para peserta ini berasal dari negara-negara sahabat,” ungkap Retna.

Dalam gelaran yang akan berlangsung pada 8-13 November ini terbagi menjadi beberapa agenda. Seperti pemberian materi, pengenalan budaya, city tour, pengabdian masyarakat di Pasuruan dan Bromo.

“Peserta sangat antusias, ini menjadi langkah mereka menambah international exposure,” tandasnya.

SEGTA Fall 2022 merupakan program pengabdian masyarakat berbasis hasil riset FTMM, yang fokus pada energi hijau dan energi baru terbarukan. Dengan satu di antara merupakan project smart farming di Gempol Pasuruan.(*)(wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X