Sebanyak 159 Mahasiswa FTMM Ikuti KKN-BBK UNAIR

FTMM NEWS – Program Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK) merupakan bagian dari kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh institusi pendidikan. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dalam berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus mengembangkan keterampilan komunikasi, dan bekerja sama dengan komunitas setempat.

Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK). Kegiatan berlangsung dari 9 Januari hingga 4 Februari 2024, merupakan kali ketiga pelaksanaan dan kembali dilaksanakan secara luring (offline).

Dalam acara pelepasan mahasiswa KKN-BBK, Senin (8/1/2023) di Airlangga Convention Center, Kampus MERR C, Dr Gadis Meinar Sari dr Mkes selaku Ketua LPPM menungkapkan bahwa kegiatan BBK merupakan wujud nyata mahasiswa sebagai modal dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa dapat semangat dan mengambil pelajaran berharga selama belajar di masyarakat.

Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) turut berpartisipasi dengan mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk melaksanakan KKN-BBK.  Sebanyak 159 mahasiswa dari lima program studi, mengabdi melalui KKN-BBK di berbagai lokasi. Seperti Banyuwangi, Jember, Gresik, Lamongan, Kediri, Madiun, Surabaya, serta Pondok Pesantren. FTMM memberikan dukungan penuh kepada mahasiswanya untuk berkontribusi dengan semangat kolaboratif yang menjadi landasannya.

Kegiatan KKN-BBK kali ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Era Post-Pandemic” dengan fokus pada empat bidang program kerja, yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Melalui program kerja pendidikan, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat dengan mengajar di sekolah-sekolah atau membuat media pembelajaran yang kreatif. 

Ini Program Kerja Mahasiswa FTMM

Program kerja pemberdayaan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan keterampilan, pemasaran produk, hingga pengelolaan keuangan. Sementara itu, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, mahasiswa KKN-BBK dapat melakukan berbagai program kerja seperti penyuluhan kesehatan hingga pemeriksaan kesehatan.

Terakhir, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, mahasiswa mendapat kesempatan ikuti sosialisasi akan pentingnya menjaga lingkungan, penanaman pohon secara massal, hingga penanganan sampah di lingkungan setempat.

Ilman Andaludzi, mahasiswa Teknik Industri FTMM (2020), menjadi Ketua Kelompok KKN-BBK Desa Badean, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. Ilman dan anggota kelompoknya mengusung program kerja yang menarik, salah satunya pada bidang lingkungan. Ia berencana menghasilkan inovasi biopori untuk meminimalisir banjir atau genangan air.

“Biopori merupakan lubang resapan secara vertikal ke dalam tanah. Lubang ini berfungsi untuk menyerap air hujan dan air limbah rumah tangga. Selain itu, biopori juga dapat menghasilkan pupuk kompos yang berguna untuk menyuburkan tanah,” ucap Ilman pada FTMM NEWS, Rabu (10/1/2024).

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor: Andri Hariyanto

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts