Sains Modern: Penggunaan Machine Learning (ML) dalam Studi In Silico

FTMM NEWS – Machine Learning (ML) mempelajari model statistik yang menggunakan oleh sistem komputer untuk melakukan tugas tertentu tanpa instruksi eksplisit. Sedangkan teknik komputasi secara in silico menawarkan metode cost effective sehingga relevan digunakan dalam skrining obat dengan skala besar. Terdapat beberapa cara ML untuk digunakan dalam studi in silico. Salah satu cara yang paling umum adalah untuk mengembangkan model prediksi. Di samping itu, ML juga dapat digunakan untuk menganalisis data dari hasil in silico.

Contoh Penggunaan Machine Learning

  • Prediksi struktur protein: Memprediksi struktur tiga dimensi dari protein berdasarkan pada urutan asam amino. Dengan memanfaatkan data dari ribuan struktur protein yang, algoritma ML dapat mempelajari pola kompleks dan membantu mempercepat penemuan obat,
  • Analisis data genom: Dengan menggunakan algoritma clustering dan klasifikasi, maka dapat mengidentifikasi pola dalam data genom yang berisi informasi seputar regulasi genetik, mekanisme penyakit, dan keragaman genetik,
  • Desain molekul obat: ML dapat memodelkan interaksi molekuler antara kandidat obat baru dengan target biologis. Dengan modifikasi struktur, kita bisa mendapatkan senyawa dengan sifat farmakokinetik yang lebih baik dan toksisitas yang lebih rendah.

Meskipun Machine Learning (ML) memiliki banyak manfaat dalam studi in silico, ada juga beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah model ML dapat menjadi sangat kompleks dan rumit. Hal ini akan menyulitkan bagaimana model ML untuk membuat prediksi dan untuk memastikan prediksinya akurat.

Terlepas dari tantangan yang ada, penggunaan ML dalam studi in silico terus berkembang seiring dengan kemajuan teknik ML yang semakin canggih. Diharapkan seiring dengan berjalannya waktu, model ML dapat mengatasi tantangan dalam studi in silico yang masih belum terselesaikan.

Daftar Pustaka

 https://repository.unimal.ac.id/6707/1/Machine%20Learning.pdf

Penulis : Devina Niswah Aulia 

Editor : Muhammad Alesha Fadhana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts