Rasena Unjuk Kebolehan pada Pameran BSO KARSA 2023

FTMM NEWS – Mahasiswa FTMM 2023 mengenal sejumlah organisasi mahasiswa melalui sesi Get to Know Ormawa : Meet and Learn pada pelaksanaan KARSA (program ospek level fakultas) FTMM 2023 yang berlangsung minggu lalu. Salah satu badan semi otonom (BSO) fakultas yang mereka kunjungi adalah Rasena EV UNAIR Team.

Rasena UNAIR EV Team merupakan salah satu BSO yang bergerak pada bidang renewable energy, khususnya pada pembuatan dan perawatan mobil listrik serta stasiun pengisian listrik. Mereka menampilkan beberapa produk yaitu RAMA (Rasena Pertama) dan EV CS (electric vehicle charger station).  RAMA adalah mobil listrik buatan Rasena UNAIR EV Team yang mereka rancang dari nol dengan tangan mereka sendiri. Pada tanggal 23 Juni 2023 kemarin RAMA mengikuti perlombaan Shell Eco-Marathon di Pertamina Mandalika International Circuit.

Produk kedua yang ditampilkan ialah EV-CS (electric vehicle charger station). EV-CS ini merupakan produk pertama mereka. EV-CS merupakan terminal charger mobil listrik. Rasena memiliki dasar pendirian ingin menciptakan terminal bagi mobil listrik dan mengembangkannya secara commercial.

Awal mula RASENA UNAIR EV Team

Beno Abriyan Syah, salah satu pendiri Rasena menjelaskan “Sebenarnya awal terbentuk dari rasena karena kami memliki pemikiran, ITS sudah mempunyai nama dari Motor listriknya kemudian kami termotivasi untuk menaikkan nama UNAIR khususnya FTMM melalui terminal charger bagi kendaraan listrik. Dari itu kami mulai membuat EV-CS ini. Selanjutnya kami sedang mengerjakan proyek untuk EV-CS generasi kedua yang lebih kecil dan efisien sehingga mudah untuk dibawa kemana saja,” ujar Beno.

Selain kedua produk tersebut Rasena juga menunjukkan prototype dari RAMA yang mereka buat dari trial and error. Mereka melalui banyak sekali suka duka sampai akhirnya menciptakan RAMA yang dapat dilihat maba FTMM 2023 saat ini.

Keterangan : Electric Vehicle Charger Station “EV-CS” pada pameran BSO

Harapannya setelah melihat Pameran BSO ini, pandangan maba dapat terbuka pikirannya tentang Perkuliahan, Bukan hanya sekedar belajar lalu pulang tetapi mereka juga harus bisa menciptakan karya-karya yang berguna bagi masyarakat.

Penulis : M. Khahlil Gibran, Andri Hariyanto

Editor : Ananta Adhi Wardana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X