Rahasia Tersembunyi Biomassa Limbah Pertanian untuk Mengatasi Racun Logam

FTMM NEWS – Pernahkah Anda mendengar tentang terobosan luar biasa dalam mengatasi masalah racun logam berbahaya? Artikel ini akan membongkar rahasia tersembunyi yang melibatkan penggunaan biomassa limbah pertanian sebagai solusi remediasi yang efektif. Ion logam beracun, seperti arsenik, timbal, dan kadmium, telah menjadi momok bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Namun, jangan khawatir! Kami telah menemukan solusinya.

Ternyata, limbah pertanian memiliki kekuatan luar biasa dalam mereduksi ion logam berbahaya. Jerami, sekam, dan serbuk gergaji, atau waste dari sayur dan buah dapat menyerap dan mengikat ion logam, menjadikannya alat yang efektif dalam membersihkan lingkungan kita. Kita dapat menggunakan biomassa ini bisa secara langsung, ataupun mengubahnya ke dalam ukuran nano. Selain itu, kita dapat mengambil ekstraknya yang kemudian berfungsi sebagai remediasi logam beracun. Siapa sangka bahwa tanaman dan sisa-sisa pertanian kita memiliki keajaiban semacam ini? Jangan remehkan limbah pertanian! Dalam biomassa limbah pertanian, terdapat kekuatan luar biasa untuk mereduksi ion logam berbahaya. Mari bersama-sama menjaga lingkungan kita dan mengatasi krisis racun logam dengan memanfaatkan biomassa limbah pertanian sebagai solusi remediasi yang efektif. Bersama, kita bisa menciptakan perubahan positif dan lingkungan yang lebih sehat!

Salah satu contoh nanomaterial untuk remediasi logam beracun bisa dilihat di tautan berikut ini.

 

Penulis: Intan Nurul Rizki, dosen Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga

Editor: Rizky Astari Rahmania



Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts