Rafie Ananta Rizky, mahasiswa TSD peserta Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 3 di PT Bukit Vista Nusantara sebagai Business Data Scientist

FTMM NEWS – Magang dan Studi Independen Bersertifikat adalah program besutan Kemdikbudristek yang masih tergolong baru. Program ini merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan pengalaman kerja nyata untuk para mahasiswa. Pada MSIB Batch 3 ini, saya diterima untuk mengikuti kegiatan magang di PT Bukit Vista Nusantara sebagai Business Data Scientist.

PT Bukit Vista Nusantara adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen properti. Bukit Vista (BV) menerapkan sistem kerja work from home (WFH), namun BV memiliki base di Bali dan Jogja yang bisa kalian datangi. Saat ini BV sudah me-manage lebih dari 140 properti dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Satu hal yang saya temukan menarik dari BV adalah kultur berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Selain karena CEO kita yaitu Mr. Jing Cho Yang yang berasal dari luar negeri, kita juga membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari karena mayoritas pelanggan kita berasal dari luar negeri.

Di BV, saya diterima untuk mengisi posisi Business Data Scientist Intern. Sebagai seorang data scientist, saya bertanggung jawab untuk mengolah data, menginterpretasikan data, hingga membuat tools baru untuk mengotomasi sebuah proses yang tidak efisien dan bersifat repetitif. Salah satu hal yang saya suka dari masa magang saya di BV adalah kegiatan hospitality operations orientation (HOO). HOO adalah sebuah kegiatan dimana kami diikutsertakan secara langsung ke bagian operasional BV. Hal ini bertujuan tidak hanya untuk memahami flow BV secara cepat, tetapi juga agar kami bisa mengidentifikasi ruang-ruang yang memungkinkan untuk dilakukan peningkatan.

Setelah mengikuti HOO, saya pun mulai berfokus pada projek saya yaitu untuk membuat sebuah knowledge management system berbasis chat bot dan juga sistem yang mampu mendeteksi tingkat urgensi sebuah pesan dari tamu. Selain berfokus pada kedua projek tersebut, saya juga membantu rekan kerja lain dengan menyiapkan data untuk dianalisis, maupun membantu dalam proses analisis data.

Sebuah hal yang sangat saya sukai dari BV dan menjadi alasan saya merekomendasikan kalian untuk bergabung bersama BV adalah kesempatan yang terbuka lebar untuk belajar/bekerja dan kultur yang membuat kita merasa aman dan nyaman. BV merupakan sebuah perusahaan yang bersifat fast-paced sehingga hal yang bisa dipelajari serasa tidak ada habisnya. Selalu ada saja hal baru yang muncul setiap hari untuk menempa kemampuan kita. BV juga merupakan perusahaan yang melek teknologi, bahkan BV sudah merumuskan ide untuk memanfaatkan ChatGPT yang baru-baru ini rilis. Selain itu, kesempatan kerja di BV terbuka sangat lebar. Fyi, selama program MSIB ini saya sudah mendapatkan cukup banyak offer untuk bekerja part-time dan konsultan di berbagai posisi di BV. Selain itu, tidak kecil kemungkinan kalian bisa melanjutkan kerja di BV setelah kalian selesai magang ūüôā

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X