Prestasi Mahasiswa FTMM Sabet Juara II dan III Lomba Robot Pekan Pemuda Nasional Kategori Transporter

FTMM NEWS – Meski terbilang baru seumur biji jagung, nyatanya tidak menyurutkan semangat mahasiswa program studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) dan Teknik Elektro (TE) dalam berprestasi. Melalui ajang Pekan Pemuda Nasional (PPN) 2020 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dua mahasiswa FTMM berhasil menyabet dua gelar juara sekaligus.

Mereka adalah Harits Aufaa Abyan Fawwas, mahasiswa TRKB yang meraih juara II dan R. Moch. Alif Dzulfahri, mahasiswa TE yang meraih juara III lomba robot kategori transporter pada PPN 2020. Saat dihubungi tim FTMM NEWS, Harits – sapaan akrabnya – mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin melewatkan kesempatan pada kompetisi tersebut, karena juga dapat menjadi pemicu semangat berkompetisi.

“Persiapan saya sangat singkat, dan hanya berlatih satu hari saja. Bisa dibilang saat itu saya sangat nekat,” jelasnya.

Ajang tersebut, sambung Harits, berlangsung pada 28 Oktober 2020 dan diikuti oleh berbagai pemuda dari seluruh daerah di tanah air. Dia mengaku pada kompetisi PPN 2020 mengikuti kategori Transporter Robot, yang mana robotnya harus mampu memindahkan objek dari satu tempat ke tempat lain dengan lajur yang paling efisien dengan waktu secepat mungkin. 

Kategori yang diikutinya tersebut merupakan simulasi skala kecil untuk robot pemindah barang. Ketika pembuatannya dia mengaku banyak memakan waktu dan kerap menemui kasus trial and error

“Era 4.0 ini semua akan serba otomatis, bahkan banyak industri-industri besar yang beralih dari tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Selain karena lebih presisi dan dapat bergerak dalam skala besar, penggunaan robot lebih efisien dan praktis daripada tenaga manusia,” tandasnya.

Atas dasar itulah, Harits merasa pengembangan robot sangat perlu dilakukan dapat mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu, Rodik Wahyu Indrawan, S.ST., M.Tr.T, selaku dosen TRKB sekaligus pembimbing tim FTMM dalam ajang PPN 2020 mengaku bahwa bangga terhadap pencapaian mahasiswa. Terlebih, event tersebut merupakan perlombaan bidang robotika pertama kali bagi mahasiswa FTMM.

“Kedepannya perlu mengikuti event yang lebih besar dan lebih banyak lagi, karena menurut saya juara sejati itu, tahu bagaimana bisa bangkit dari kekalahan. Namun, jika selalu menang maka segeralah berpindah, karena Anda salah tempat,” tegasnya.

Ketika persiapan lomba, Rodik senantiasa memberi bimbingan, pendampingan, serta menjadi fasilitator untuk tim robot dalam kegiatan lomba robot PPN 2020.  Selain itu, juga melakukan bimbingan pelatihan selama pembuatan maupun pemrograman robot hingga simulasi perlombaan, pendampingan pada saat lomba berlangsung, hingga memfasilitasi tools yang dibutuhkan selama kegiatan. 

“Untuk mahasiswa FTMM, saat ini adalah masa dimana kalian mempunyai banyak waktu untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi dalam inovasi. Ikutilah sebanyak-banyaknya kegiatan sesuai dengan passion kalian, ‘just do it’ karena hasil Tuhan yang menentukan, persiapkan pengalaman kalian untuk kesempatan yang akan datang,” pungkasnya.(*)(wil/cpw)

Photo source: CoderZ

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X