Posko Takjil Gratis Ramadhan : Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah dan Semangat Berbagi 

FTMM NEWS – Definisi Ramadhan tidak hanya sekedar tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga momen yang tepat untuk peduli dan berbagi terhadap sesama. Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani R.A, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih). 

Atom FTMM memanfaatkan kesempatan mulia ini dengan membuka Posko Takjil Gratis Ramadhan 1445 H. Program kerja Departemen Remaja Musala Gedung Nano (RMG) ini bertujuan untuk membantu mahasiswa Universitas Airlangga yang bertempat di Gedung Nano Kampus C Universitas Airlangga mendapatkan takjil dengan mudah dan gratis. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan rasa kepedulian dan ukhuwah islamiyah antar mahasiswa, serta memberikan contoh tentang pentingnya bersedekah dan berbagi di bulan Ramadan. 

Takjil Ramadhan Habis Dalam Hitungan Menit

Posko Takjil Gratis berlangsung Rabu – Kamis (20 – 21/03/2024) di selasar depan Musala Lantai 5 Gedung Nano FTMM. Antusiasme mahasiswa terlihat dari antrian yang mengular. Dalam waktu kurang lebih 5 menit, 50 paket makanan telah habis terdistribusikan di hari pertama. Pada hari kedua, Duta FTMM turut berkolaborasi dengan membagikan minuman bersama 50 nasi bungkus. 

Selain membagikan takjil secara langsung, Atom juga menyediakan Google Form yang bisa terakses dengan memindai QR Code. Ini sebagai sarana mahasiswa untuk memberikan umpan balik. Melalui Google Form tersebut yang disediakan, mahasiswa dapat dengan mudah memberikan penilaian terhadap kegiatan ini. Hasil pengisian Google Form menunjukkan bahwa 83.8% dari responden memberikan penilaian ‘baik sekali’ terhadap pengadaan kegiatan ini.

Atom FTMM berharap semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama yang ditunjukkan dalam kegiatan ini dapat terus terjaga dan bersemi, bukan hanya selama bulan Ramadhan, tetapi juga sepanjang tahun. Dengan demikian, nilai-nilai mulia dari bulan suci ini dapat terus menginspirasi dan memberikan manfaat bagi seluruh mahasiswa Universitas Airlangga.

Penulis : Hanan Nabilah (Teknologi Sains Data 2022)

Editor : Muhammad Syahril Mubarok

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts