Perjalanan Karier Alumnus Teknik Elektro FTMM di Perusahaan EPC

Hafidz Faqih Aldi Kusuma, lulusan S1 Teknik Elektro FTMM

FTMM NEWS – Beberapa waktu setelah lulus sebagai sarjana, salah seorang alumni Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) meraih kabar gembira karena diterima di salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak dalam bidang Engineering, Procurement, and Construction (EPC). Salah satunya adalah Hafidz Faqih Aldi Kusuma, lulusan S1 Teknik Elektro Universitas Airlangga (UNAIR).

Selang beberapa waktu setelah resmi menyandang status sebagai alumni pertama FTMM, Hafidz berhasil diterima di Tripatra melalui Graduate Engineering Trainee Program sebagai Electrical Engineering. Perusahaan tersebut memiliki fokus pada industri minyak dan gas, pembangkit listrik, serta energi terbarukan.

Dalam wawancara eksklusif kepada FTMM NEWS, Hafidz menjelaskan beberapa tanggung jawab yang ia pegang selama bekerja di Tripatra. Dirinya mendapatkan amanah dalam merencanakan dan mendesain sistem listrik untuk proyek-proyek tertentu. Selain itu, ia juga melakukan studi kelistrikan seperti analisis aliran daya, harmonik, dan transient.

“Saya juga bertugas dalam menyiapkan dokumentasi teknis untuk kebutuhan proyek, termasuk spesifikasi desain, diagram listrik, dan instruksi teknis lainnya. Tidak ketinggalan, penting untuk menghitung kebutuhan daya dan beban untuk sistem yang telah terencana,” terangnya.

 

Manfaatkan Peluang

Hafidz bersama Rekan-rekan Kerjanya di Tripatra

Kesempatan emas yang Hafidz peroleh tersebut tentunya tak terlepas dari semangat, tekad, dan kegigihannya di masa perkuliahan. Ia senantiasa memanfaatkan berbagai peluang, aktif dalam beberapa kegiatan seperti menjadi asisten praktikum, bergabung dalam badan semiotonom IMERCY, juga terlibat dalam beberapa penelitian, publikasi, hingga proyek sosial.

“Melalui IMERCY, saya belajar tentang pentingnya kolaborasi dalam tim, manajemen proyek, san keterampilan penelitian.  Saya merasa bertanggung jawab untuk memanfaatkan peluang yang ada dan membangun karier sedini mungkin, sehingga saya dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat,” ujarnya.

Sebelum lulus dari UNAIR, Hafidz mulai melamar pekerjaan di Tripatra dengan mengirimkan aplikasi pada posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalamannya. Butuh persiapan yang matang bagi Hafidz untuk dapat melewati rangkaian proses rekrutmen.

“Saya mempersiapkan diri dengan baik untuk setiap tahapan dengan melakukan riset mendalam tentang perusahaan, memperbarui CV, dan berlatih wawancara. Penting untuk memperhatikan penyusunan CV dengan cermat. Saya selalu memastikan bahwa CV yang saya buat telah mencerminkan pengalaman kerja, proyek, atau kegiatan lain yang relevan dengan posisi lamaran,” jelas Hafidz.

Tak tertinggal, Hafidz menekankan untuk menonjolkan keahlian dan pencapaian yang sesuai dengan pekerjaan di dalam CV. Hal tersebut berpotensi menarik perhatian tim Human Resources (HR) dan membuka pintu peluang untuk tahap seleksi berikutnya.

Di akhir sesi wawancara, Hafidz menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa, terkhususnya bagi mahasiswa Teknik Elektro FTMM untuk menjaga semangat, ketekunan, dan keterbukaan dalam menghadapi perjalanan pendidikan dan karier.

“Jangan pernah ragu untuk mengejar impian dan mencoba hal-hal baru, karena setiap langkah adalah peluang untuk tumbuh dan berkembang. Jadilah agen perubahan yang berkontribusi secara positif bagi diri sendiri, komunitas, dan dunia. Success is not final, failure is not fatal. It is the courage to continue that counts!” tutup Hafidz.

 

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor:  Ananta Adhi Wardana

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts