Peran ZnO Nanorods Semiconductor dalam Fotokatalis Pemurnian Air

FTMM NEWS – ZnO nanorods merupakan bahan baku yang sangat bagus untuk fotokatalisis, yaitu proses menggunakan cahaya untuk memecah polutan dalam air. Material tersebut cocok terfungsikan dalam fotokatalisis karena memiliki celah pita lebar. Hal ini membuatnya dapat  menyerap spektrum cahaya yang luas termasuk sinar ultraviolet (UV). 

Sinar UV diperlukan dalam terjadinya fotokatalisis, sehingga ZnO nanorods semiconductor mampu bekerja secara efisien di berbagai kondisi pencahayaan. Selain itu, material ini tidak beracun dan relatif murah untuk diproduksi. Faktor-faktor tersebut menjadikannya pilihan yang layak untuk pemurnian air di negara-negara berkembang. Salah satunya, akses terhadap air bersih masih menjadi sebuah tantangan besar. Tentunya, hal ini sangat mendukung optimalisasi pencapaian SDGs poin 6 (Clean Water and Sanitation).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ZnO nanorods semiconductor efektif menghilangkan berbagai polutan dari air, termasuk bakteri, virus, dan berbagai senyawa organik. Misalnya, sebuah penelitian oleh Beilstein Journal of Nanotechnology menemukan bahwa sampel kertas yang dilapisi ZnO nanorods semiconductor. Kemudian, pada konsentrasi 20 mM selama 20 jam menunjukkan aktivitas antimikroba tertinggi terhadap E. coli. Studi lain oleh Choi Y. H, dkk menunjukkan bahwa membran penyaringan udara melalui lubang isoporus yang mengandung material. Lalu, ditumbuhkan secara hidrotermal memiliki kinerja bakterisidal yang sangat baik terhadap bakteri Gram-positif S. aureus dan Gram-negatif S. enteritidis.

Oleh karena itu, sebagai civitas akademika Universitas Airlangga, hendaknya bersama-sama mendukung pencapaian SDGs poin 6 dengan memanfaatkan ZnO nanorods semiconductor dalam fotokatalis pemurnian air. Mari wujudkan keberlangsungan air bersih dan sanitasi untuk Indonesia emas.

Referensi :

Choi, Y. H., Kim, M. J., Lee, J., Pyun, J. C., & Khang, D. Y. (2021). Recyclable, Antibacterial, Isoporous Through-Hole Membrane Air Filters with Hydrothermally Grown ZnO Nanorods. Nanomaterials (Basel, Switzerland), 11(12), 3381. https://doi.org/10.3390/nano11123381

Jaisai, M., Baruah, S., & Dutta, J. (2012). Paper modified with ZnO nanorods – antimicrobial studies. Beilstein journal of nanotechnology, 3, 684–691. https://doi.org/10.3762/bjnano.3.78

Penulis : Angellita Wijaya Gunawan

Editor : Andri Hariyanto

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts