Peran Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Kehidupan Manusia: Tinjauan dari Perspektif Ilmu Teknik Elektro

FTMM NEWS – Teknologi informasi merupakan sebuah kumpulan fitur-fitur yang terdiri dari perangkat keras maupun lunak untuk mendukung serta meningkatkan kualitas informasi di setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas tinggi. Kemajuan dari teknologi informasi serta komunikasi sudah memunculkan suatu tahap baru untuk setiap masyarakat dalam mendapatkan informasi secara otonom. Batasan informasi secara otomatis akan menghilang oleh inisiatif yang kuat pada seseorang yang memiliki keinginan dalam mengetahui lebih dalam mengenai yang sedang terjadi di sekitarnya. 

Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi merupakan sebuah hal yang harus diikuti oleh seluruh masyarakat di zaman sekarang ini. Proses pengembangannya dinilai sebagai sebuah upaya untuk menyelesaikan masalah yang ada. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak kepada sistem peradaban dan kesejahteraan manusia. Di era yang sudah serba digital saat ini, peran teknologi informasi dalam kelangsungan hidup sangatlah besar . Setiap aktivitas seseorang saat ini tidak luput dari peran teknologi informasi. Adanya teknologi tersebut dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, serta hemat biaya. Kemajuan teknologi menjadi jawaban atas efek globalisasi yang menutupi dunia. Kemajuan itu sendiri yang nantinya akan memberikan dampak untuk keadaan sosial masyarakat.

Proses perkembangan teknologi dan komunikasi yang sangat cepat sudah banyak memunculkan berbagai dampak, salah satunya adalah internet., Dengan adanya internet seseorang bisa berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada tren baru di indonesia khususnya media massa. Konvergensi media dengan teknologi informasi sudah merubah proses komunikasi, sehingga dapat mengubah pola hidup seseorang, seperti cara berkomunikasi, persepsi, serta keyakinan individu. Teknologi Informasi memiliki beberapa fungsi, sebagai berikut:

  • Pengelolaan data

Pengelolaan data terdiri dari proses pemasukkan data menjadi sebuah informasi dan pengolahan dan pemrosesan data. Pengolahan dan pemrosesan data untuk mengubah data ke format lain disebut sebagai konversi data. kemudian analisis kondisi, ada juga untuk sistem kalkulus, kemudian penggabungan, serta semua bentuk data maupun informasi.

  • Dapat memberikan hasil

seperti menghasilkan atau mengatur informasi dalam bentuk yang bermanfaat. Seperti grafik, statistik, dan sebagainya.

  • Penyimpanan

menyimpan data serta informasi didalam sebuah media untuk keperluan lainnya. Misalnya, memory, compact, hardisk, dan sebagainya.

  • Mencari kembali

melakukan penelusuran untuk mendapatkan kembali sebuah informasi atau pun bisa juga dengan melakukan penyalinan data serta informasi yang suda tersimpan.

  • Transmisi

melakukan pengiriman data serta informasi dari sebuah tempat ke tempat yang berbeda dengan memanfaatkan jaringan komputer. 

Teknologi informasi dan komunikasi sendiri memiliki hubungan yang cukup erat dengan teknik elektro. Perlu diketahui, di dalam pembuatan perangkat lunak maupun perangkat keras diperlukan suatu komponen elektronika sama halnya seperti arus listrik serta jaringan untuk dapat menjalankan proses pembuatannya. Sedangkan, teknik elektro juga memiliki hubungan yang erat dengan teknologi informasi dan komunikasi karena membutuhkan teknologi informasi supaya bisa memperoleh informasi terkait kerusakan di arus listrik, di dalam proses elektro juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya di bidang IT agar bisa mempermudah penyimpanan data. 

Contohnya, banyak sekolah-sekolah yang membutuhkan komputer atau PC untuk menunjang proses pembelajaran itu sendiri. Maka dari itu, peranan ilmu teknik elektro disini sangatlah dibutuhkan. Karena umumnya komputer-komputer yang ada di sekolah menggunakan jenis topologi star, dimana pastinya membutuhkan kabel penghubungan supaya dapat menghubungkan antara komputer utama dengan client. Maka akan terjadi suatu pergerakan arus listrik di dalamnya, disinilah terjadi proses dari elektro itu sendiri. Teknik elektro adalah sebuah ilmu teknik yang membahas mengenai sifat-sifat kelistrikan yang nantinya dapat membantu kelangsungan hidup seseorang.

 

Kontributor : Markies Diana Desy Maharani, Mahasiswa Prodi Teknik Elektro 

 

Daftar Puataka

Pamungkas, Prastyaji. (2017). Hubungan Teknologi Informasi Dengan Teknik Elektro. https://prastyajipamungkas.wordpress.com/2017/07/26/136/ (diakses pada 1 Mei 2023).

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X