Peran Data Science Bantu Hadapi Tantangan Kesehatan Global Masa Depan

Peran Data Science Bantu Hadapi Tantangan Kesehatan Global Masa Depan

FTMM NEWS – Di era saat ini teknologi telah jauh berkembang pesat, yang memungkinkan manusia dapat dengan mudah melakukan mobilitas. Data Science menjadi bagian bidang ilmu yang saat ini sangat populer dan dapat diterapkan di berbagai industri. Data science sekaligus menjadi bidang ilmu yang relevan untuk menghadapi segala bentuk tantangan. Termasuk ancaman  persebaran penyakit.

Ketahanan kesehatan global memegang peran penting dalam menjaga stabilitas sosial, politik, serta ekonomi global. Kesehatan yang buruk di suatu negara dapat berdampak negatif terjadinya gangguan dalam sistem ekonomi global. Salah satunya yaitu karena dampak langsung kesehatan terhadap produktivitas kerja masyarakat.  Ketahanan kesehatan global juga penting untuk melindungi populasi yang rentan seperti negara-negara dengan sistem kesehatan yang masih lemah. Dengan memperkuat infrastruktur kesehatan global seperti akses terhadap vaksin, obat-obatan, serta perawatan medis, hal tersebut dapat mengurangi kesenjangan antar negara.

Ini Cara Mengatasi Tantangan Kesehatan

Seiring berjalan-nya waktu tentunya tantangan kesehatan semakin beragam, terdapat berbagai macam penyakit baik itu menular ataupun tidak. Untuk mengatasi berbagai tantangan kesehatan di masa depan tersebut tentunya kita perlu memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam hal ini data science dapat membantu dalam mengatasi tantangan kesehatan global dengan berbagai cara, seperti:

  1. Pengembangan algoritma pemodelan pandemi

Data science dapat membantu pengembangan algoritma pemodelan pandemi. Hal tersebut dapat membantu mengidentifikasi trend dan gejala pandemi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran pandemi.

  1. Pengelolaan data klinis

Data science dapat membantu dalam pengelolaan data klinis pasien sehingga membantu para dokter dalam membuat keputusan yang tepat.

  1. Pengelolaan data epidemiologi

Sains Data dapat membantu para epidemilog dalam mengidentifikasi trend penyakit dan menganalisis data geografis. Selain itu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran penyakit yaitu dengan mengelola data epidemiologi.

  1. Pengembangan vaksin dan terapi

Sebagaimana kita tahu vaksin dan terapi menjadi salah satu tantangan kesehatan global yang berat. Dalam hal ini data science dapat membantu dalam pengembangan vaksin dan terapi. Dan perkembangan itu dapat membantu para ilmuwan dalam mengembangkan vaksin dan terapi yang efektif dan aman.

  1. Pengelolaan data kesehatan publik

Dalam hal ini data science membantu pemerintah dan instansi kesehatan dalam mengelola kesehatan publik, seperti mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan publik.

Dengan bantuan data science di bidang kesehatan dapat membantu mengatasi berbagai tantangan kesehatan di masa yang akan datang. Data science membantu mengidentifikasi tantangan kesehatan global, menganalisis data, dan membantu mengembangkan solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan kesehatan global. Dengan teratasinya tantangan kesehatan global akan menciptakan ketahanan kesehatan global. Dengan demikian stabilitas sosial, politik, serta ekonomi global akan terjaga.

DAFTAR PUSTAKA

Feby, Dita. Wikipedia, https://dqlab.id/4-implementasi-data-science-di-bidang-kesehatan. Accessed 30 April 2024.

Mahendradhata, Yodi. Kesehatan Global. Gadjah Mada University Press, 2021. Accessed 30 April 2024.

“Portal Resmi.” Portal Resmi – Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, 7 November 2022, https://jogjaprov.go.id/berita/big-data-jadi-jawaban-penanganan-isu-global. Accessed 30 April 2024.

Penulis : Nabella Yunita Sari, Mahasiswa Teknologi Sains Data

Editor: Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts