Pentingnya Literasi Data untuk Kesuksesan di Era Digital

literasi data

FTMM NEWS – Setiap harinya, era digital banyak berhadapan dengan jumlah data yang sangat besar, mulai dari data sosial media hingga data dari kamera video dan sensor. Dalam menghadapi lonjakan informasi ini, literasi data (data literacy) menjadi kunci untuk memahami, menganalisis, dan mendapatkan wawasan dari data dengan efektif.

Apa Itu Literasi Data?

Kita tentunya sudah mengenal kata literasi sebelumnya, berkaitan dengan membaca dan memahami suatu informasi seperti dari buku, berita, dan sumber bacaan lainnya. Namun, literasi data merupakan hal yang baru bagi sebagian orang. Literasi data diartikan sebagai kemampuan untuk mengeksplorasi, memahami, dan berkomunikasi dengan data secara efektif.

Kegunaan Literasi Data

  1.     Mendapatkan Informasi Penting

Kita terkadang masih kesulitan untuk mengambil informasi bahkan dari data yang telah diolah yang membuat kita melewatkan informasi yang penting. Dengan kemampuan ini, kita bisa mengambil informasi penting, seperti dari sebuah visualisasi data sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

  1.     Membantu Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Data literacy memberikan dasar yang baik untuk pengambilan keputusan. Data yang telah ada sebelumnya bisa memberikan informasi yang membantu untuk pengambilan keputusan terbaik.

  1.     Meningkatkan Kualitas Pemecahan Masalah

Literasi data mendorong kita untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan berdasarkan data, dan mengurangi dugaan agar memberikan hasil yang maksimal.

  1.     Mendorong Inovasi

Dengan pemahaman data yang baik, kita bisa menemukan informasi penting seperti pola dan tren dalam suatu permasalahan. Informasi tersebut bisa menginspirasi kita untuk menciptakan atau mengembangkan hal-hal  baru.

Cara Meningkatkan Kemampuan Data Literacy

Untuk meningkatkan Data literacy, kita bisa mulai dengan mempelajari berbagai jenis grafik yang umum digunakan. Selain itu, memahami konsep dasar analisis data, visualisasi data, dan eksplorasi data juga penting. Bagi yang tertarik, mempelajari statistika dan sains data dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Demi menghadapi tantangan dalam era digital, literasi data menjadi keterampilan yang sangat penting. Dengan literasi data yang baik, kita dapat mengungkap informasi yang tersembunyi di dalam jumlah data yang besar, sehingga kita tidak akan melewatkan hal-hal penting. Dengan demikian, kita dapat terus mengikuti perkembangan dan meraih kesuksesan di era digital.

Daftar Pustaka

Data Literacy explained: Definition, importance, examples, and more. (n.d.). Retrieved from https://www.tableau.com/data-insights/data-literacy/what-is

Hamilton, R. H., & Sodeman, W. A. (2020). The questions we ask: Opportunities and challenges for using big data analytics to strategically manage Human Capital Resources. Business Horizons, 63(1), 85–95. doi:10.1016/j.bushor.2019.10.001

 

Penulis : Muhammad Fazil Irvan Putra, Mahasiswa  Teknologi Sains Data angkatan 23

Editor : Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts