Pengembangan Peta Konsep Digital untuk Mendukung Pemahaman Siswa dalam Membaca Teks Berbahasa Inggris

FTMM NEWS – Berlangsungnya pandemi Covid-19 memaksa pelajar maupun pendidik untuk beralih menerapkan pola pembelajaran daring. Selain itu, juga beradaptasi dengan teknologi pendukung pembelajaran jarak jauh yang saat ini marak digunakan. 

Keberadaan inovasi teknologi pendukung aktivitas pembelajaran pada masa pandemi tentu menjadi hal yang sangat krusial. Terlebih, penyampaian bahan ajar secara virtual yang interaktif dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh memiliki keuntungan potensial dalam meningkatkan keterlibatan siswa ketika proses pembelajaran.

Baru-baru ini, Chandrawati Putri Wulandari, S.T., M.T., MBA., Ph.D., selaku dosen Teknik Industri (TI) FTMM Universitas Airlangga melakukan riset terkait penerapan peta konsep digital dalam peningkatan pemahaman mahasiswa saat belajar. Peta konsep merupakan cara terbaik untuk memvisualisasikan pengetahuan dan informasi dengan mengaitkan relevansi antara konsep-konsep dalam materi pembelajaran.

 

Menjadi Media Pembelajaran yang Lebih Efisien

“Peta konsep dapat menjadi media yang mendukung pemahaman mengenai suatu topik pembelajaran menjadi lebih efisien, praktis, dan  baik,” jelas Chandra.

Menariknya, metode pembelajaran dengan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan seseorang untuk berpikir kritis. Melalui peta konsep, para pendidik dapat mengevaluasi aktivitas pengajarannya serta mengidentifikasi kesalahan persepsi siswa dalam memahami materi yang diberikan.

Saat ini, Kit-Build Concept Map Authoring Tool telah dikembangkan menjadi sistem pembuatan peta konsep digital dalam mendukung aktivitas belajar siswa. Berkat kecanggihan teknologi komputer, maka peta konsep tidak lagi dibuat secara manual dengan menggunakan kertas dan alat tulis. 

“Dengan bantuan sistem ini, maka memungkinkan siswa dalam merekonstruksi peta konsep dari set komponen konsep yang direkomendasikan oleh sistem secara mandiri, sesuai kecepatan dan pemahaman mereka sendiri,” jelasnya.

Peta konsep digital yang didukung oleh teknologi komputer dapat membuat aktivitas pembelajaran menjadi lebih interaktif dan dinamis. Selain itu, dengan adanya rekomendasi konsep yang secara semi-otomatis tergali oleh sistem untuk memunculkan kata kunci dan proposisi, dapat mendukung siswa untuk membuat peta konsep dengan lebih efisien.

 

Analisis pada Persepsi Siswa

“Dalam penelitian ini, persepsi siswa sebagai pengguna menjadi hal yang dianalisis. Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana peta konsep Kit-Build yang dikembangkan ini akan diadopsi dan digunakan oleh siswa guna mendukung pemahaman materi mereka selama proses belajar,” imbuhnya.

Misalnya, dalam kasus pemahaman teks berbahasa Inggris, sambung Chandra, penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan memanfaatkan tiga variabel eksternal, antara lain compatibility, habit, dan enjoyment sebagai faktor tambahan dari model TAM aslinya untuk memberikan pandangan yang lebih luas dan penjelasan yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mungkin berkontribusi dalam penerimaan teknologi ini. 

Hasil analisis penelitian ini akan menjadi referensi untuk peningkatan kualitas dalam pengembangan sistem Kit-Build ini di masa mendatang. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian serupa yang memanfaatkan model TAM.

Secara umum, sebagian besar hasil analisis penelitian mengkonfirmasi hasil dari studi TAM aslinya. Faktor compatibility dan enjoyment juga teridentifikasi secara signifikan bahwa kedua faktor tersebut memengaruhi niat siswa untuk mengadopsi Kit-Build sebagai media pembuatan peta konsep dalam aktivitas belajar. 

“Informasi lebih lengkap dapat dibaca pada artikel publikasi yang berjudul Students’ Acceptance Towards Kit-Build Concept Map Authoring Tool in Supporting Learning of English Reading Comprehension,” pungkasnya.(*)(wil/cpw)

Sumber:

Pinandito, A., Wulandari, C. P., Prasetya, D. D., Hirashima, T., Hayashi, Y., & Az-Zahra, H. M. (2020, November). Students’ acceptance towards kit-build concept map authoring tool in supporting learning of english reading comprehension. In Proceedings of the 5th International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (pp. 158-164). https://doi.org/10.1145/3427423.3427464

Photo Source: Pinterest (brainpop.com)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts