Pengabdian Masyarakat FTMM di Kampung Mangrove

FTMM News – Pada hari Rabu, 6 September 2023, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Gunung Anyar, Surabaya. Kegiatan pengmas ini merupakan rangkaian acara SEGTA (Sustainable Energy and Green Technology Applications) hari kedua. Pada kegiatan ini, tim dari FTMM bermaksud untuk memberdayakan pohon bakau. Acara ini terintegrasi dengan peserta Joint Class, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan juga SDGs centre Universitas Airlangga.

Acara inti kegiatan ini berlokasi di perumahan warga yang merupakan sasaran dari pengabdian masyarakat. Sebelum memulai acara inti, peserta SEGTA 2023 dan Joint Class berjalan-jalan mengelilingi area pohon bakau. Bersama dengan inbound students dari FST, peserta melakukan penanaman bibit pohon bakau di kawasan pohon bakau. Setelahnya, Seluruh peserta pengmas melakukan pengabdian masyarakat yang melibatkan Prisma Megantoro, S.T, M.Eng dari FTMM dan juga Dr. Sucipto dari Prodi Biologi FST. Bapak Prisma menjelaskan tentang peran pengabdian masyarakat ini dalam aplikasi sel surya. Sel surya dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sebagai sumber listrik untuk menyalakan cahaya lampu pada jalan. Hal ini merupakan salah satu bentuk penanggulangan climate change dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

Selanjutnya, Bapak Sucipto menjelaskan tentang manfaat lain dari pohon bakau yang dapat diekplorasi lanjut. Contohnya, buah dan daun bakau dapat digunakan sebagai bahan dasar selai, kerupuk, maupun eco-paper. Masyarakat sangan antusias dengan kedatangan Universitas Airlangga dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. Harapannya, kegiatan ini merupakan inisiasi awal dari pemberdayaan masyarakat di kelurahan Gununganyar  Tambak, Gununganyar, Surabaya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi aksi iklim untuk menganggulangi perubahan iklim ekstrim dengan menggunakan energi baru terbarukan.

Editor: Ananta Adhi Wardana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts