Pemanfaatan Nanopartikel Karbon Pada Case Handphone

FTMM NEWS – Nanopartikel karbon merupakan suatu partikel yang berukuran 1-100 nanometer. Nanopartikel karbon dapat diupayakan untuk menjadi salah satu penemuan yang mendukung SDGS nomor 7 dan 9. Nanopartikel karbon dapat berfungsi untuk mengubah karbondioksida menjadi energi listrik berpotensi menjadi solusi efektif bagi negara Indonesia.

Hampir seluruh penduduk negara Indonesia memiliki HP dan case merupakan barang wajib yang semua orang miliki. Oleh karena itu, terbitlah inovasi sebuah case HP yang tidak hanya dapat melindungi HP, namun dapat mengubah karbondioksida menjadi energi listrik, yang berguna untuk mengisi daya baterai pada HP, nanopartikel karbon merupakan bahan yang paling efektif.

Nanopartikel karbon mengubah karbondioksida menjadi energi listrik dengan cara berikut: Dengan menggunakan metode fotokatalis, nanokarbon dapat menyerap energi matahari untuk memecah karbondioksida menjadi karbon monoksida. Setelah itu, karbon monoksida dapat mengubahnya menjadi energi listrik.

Cara memasangkan Nanopartikel karbon ke case HP

Ada dua cara untuk memasangkan nanopartikel karbon ke case HP melalui metode reaksi kimia. Diantaranya, yaitu dengan melapisi nanopartikel karbon pada case HP menggunakan teknik coating. Dalam hal ini yaitu menanamkan nanopartikel karbon pada case HP menggunakan teknik cetak 3D.

Pengembangan inovasi case HP dengan nanokarbon yang dapat merubah karbondioksida menjadi energi listrik sangat mungkin pada era sekarang. Terlebih saat ini pengguna HP yang semakin meningkat dan manfaat case yang sejalan dengan keresahan tentang pencemaran lingkungan.

Cara Penggunaan:

  1. Case akan menyerap karbondioksida dan merubahnya menjadi energi listrik.
  2. Case secara otomatis menyimpan energi listrik.
  3. Dengan bantuan kabel cas maka case dapat mengisi baterai HP.

Manfaat dan Kelebihan:

  1. Efisien dan praktis seperti penggunaan case pada umumnya.
  2. Pengganti powerbank.
  3. Mengurangi pencemaran lingkungan.
  4. Memanfaatkan pencemaran lingkungan menjadi lebih bermanfaat.

Daftar Pustaka

Ezendam, S., Herran, M., Nan, L., Gruber, C., Kang, Y., Gröbmeyer, F., … & Cortés, E. (2022). Hybrid plasmonic nanomaterials for hydrogen generation and carbon dioxide reduction. ACS Energy Letters, 7(2), 778-815.

 

Saleh, T. A. (2022). Nanomaterials and hybrid nanocomposites for CO 2 capture and utilization: environmental and energy sustainability. RSC advances, 12(37), 23869-23888.

Syuhada, G., Akbar, A., Hardiawan, D., Pun, V., Darmawan, A., Heryati, S. H. A., & Mehta, S. (2023). Impacts of Air Pollution on Health and Cost of Illness in Jakarta, Indonesia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(4), 2916.

Penulis : Meyra Shafa Fissilmi Faizah

Editor : Andri Hariyanto

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts