Misteri Tersembunyi di Balik Sains Data

Misteri Tersembunyi di Balik Sains Data

Apa itu Sains Data: Siklus hidup, aplikasi, prasyarat dan alat?

FTMM NEWS – Sains Data atau Data Science adalah studi tentang penelitian ilmiah data untuk menghasilkan wawasan. Bidang ini menggabungkan beberapa disiplin ilmu untuk mengekstrak pengetahuan dari kumpulan data yang luas untuk membuat keputusan dan prediksi yang tepat. Ilmuwan data, analis data, arsitek data, insinyur data, statistik, administrator database, dan analis bisnis semua bekerja di bidang ilmu data.

Data Science adalah bidang penerapan teknik analitis canggih dan prinsip-prinsip ilmiah untuk mengekstrak informasi berharga dari data untuk pengambilan keputusan bisnis, perencanaan strategis, dan tujuan lainnya. Menjadi semakin penting bagi perusahaan: wawasan yang dihasilkan oleh ilmu data dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional, mengidentifikasi peluang bisnis baru, meningkatkan rencana pemasaran dan penjualan, dan banyak lagi. Pada akhirnya, mereka dapat memberikan keunggulan kompetitif atas pesaing.

Ilmu data dapat dijelaskan sebagai seluruh proses mengumpulkan wawasan yang dapat dilakukan dari data mentah, yang mencakup berbagai konsep seperti analisis statistik, analisis data, algoritma pembelajaran mesin, pemodelan data, pra-pengolahan data, dan lain-lain.

Apa yang dilakukan seorang ilmuwan data?

Ilmuwan data adalah profesional yang secara luas menggunakan data besar untuk memperoleh wawasan bisnis yang berharga darinya. Sepanjang hari, seorang ilmuwan data harus mengambil banyak peran: matematikawan, analis, ilmuwan komputer, dan trendsetter. Seorang ilmuwan data adalah seseorang yang memainkan beberapa peran sepanjang hari. Dia adalah Software Engineer, Data Analyst, Trouble shooter, Data Miner, Business Communicator, Manager dan Key Stakeholder untuk setiap perusahaan berbasis data yang membantu pengambilan keputusan di tingkat tertinggi.

Bagaimana untuk menjelaskan pekerjaan seorang ilmuwan data? Mereka memecah data besar menjadi informasi yang berguna. Mereka juga membuat perangkat lunak dan algoritma untuk membantu bisnis dan organisasi menentukan operasi optimal. Ini adalah wawasan berharga dan peluang untuk bisnis.

Apa manfaat data sains untuk bisnis?

Ilmu data telah merevolusi komputasi dan menyediakan dasar bagi komputer untuk memecahkan masalah. Dari desain obat hingga penglihatan mesin, algoritma cerdas memperkaya dan kadang-kadang menyelamatkan hidup kita. Tetapi di luar kisah sukses, ada banyak hasil yang dipertanyakan dan tidak dapat diandalkan. Siapa pun yang berurusan dengan dataset baru dengan tugas menghasilkan wawasan yang berarti harus mengingat sisi gelap ini.

Ini adalah keharusan di antara keterampilan yang diperlukan untuk menjadi ilmuwan data. Data Scientists perlu memahami berbagai teknologi data besar – teknologi generasi pertama seperti Apache Hadoop dan ekosistemnya (Hive, Pig, Flume, dll.).

Masa Depan Data Scientist

Peran data scientist telah menjadi semakin penting di era digital ini. Dalam dunia yang semakin bergantung pada data untuk pengambilan keputusan, ilmuwan data adalah ujung tombak dalam memproses, menganalisis, dan memahami informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Dengan teknologi yang terus berkembang dan tantangan baru yang muncul, masa depan data scientist semakin menarik untuk dijelajahi. Di Universitas Airlangga, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) menawarkan Program Studi Teknologi Sains Data untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist yang sukses. Program studi ini dirancang untuk memberikan landasan kuat dalam pemrograman, statistik, machine learning, database, dan visualisasi data, serta keterampilan komunikasi dan manajemen proyek yang diperlukan untuk bekerja dengan pemangku kepentingan non-teknis.

Karena kita terus bergantung lebih banyak pada data untuk mendorong pengambilan keputusan di berbagai bidang, peran ilmuwan data telah menjadi semakin penting. Pekerjaan seorang ilmuwan data melibatkan mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan set data yang kompleks untuk menginformasikan keputusan bisnis. Namun, karena teknologi dan data terus berkembang, masa depan ilmuwan data kemungkinan akan berubah juga.

Salah satu perubahan terbesar yang dapat kita harapkan di masa depan ilmu data adalah semakin pentingnya pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Karena teknologi ini menjadi lebih umum dan canggih, ilmuwan data akan perlu menyesuaikan set keterampilan mereka untuk dapat bekerja dengan alat-alat ini secara efektif. Ini akan membutuhkan pemahaman yang lebih besar tentang bahasa pemrograman seperti Python dan R, serta kemampuan untuk bekerja dengan algoritma dan model data yang kompleks.

Bidang pertumbuhan lain bagi para ilmuwan data kemungkinan akan berada di bidang privasi dan keamanan data. Sebagai pelanggaran data menjadi lebih umum dan konsumen menjadi lebih menyadari hak privasi data mereka, akan ada permintaan yang lebih besar untuk ilmuwan data yang tidak hanya dapat menganalisis data secara efektif tetapi juga memastikan bahwa data itu dikumpulkan dan disimpan dengan aman.

Selain keterampilan teknis, ilmuwan data masa depan juga perlu memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Karena semakin banyak bisnis bergantung pada data untuk membuat keputusan, ilmuwan data akan perlu dapat menjelaskan set data dan model yang kompleks dengan cara yang mudah dimengerti oleh pemangku kepentingan non-teknis. Ini akan membutuhkan penekanan yang lebih besar pada keterampilan ceritanya dan visualisasi data, serta kemampuan untuk bekerja sama dengan departemen dan pemangku kepentingan lainnya.

Akhirnya, karena data terus tumbuh dalam pentingnya, kita dapat mengharapkan untuk melihat permintaan yang lebih besar untuk ilmuwan data yang mengkhususkan diri dalam industri atau bidang tertentu. Ini bisa termasuk perawatan kesehatan, keuangan, pemasaran, dan banyak lagi. Dengan memahami kebutuhan dan tantangan khusus dari industri tertentu, ilmuwan data akan lebih siap untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan cara yang paling berguna untuk industri tersebut. 

Kesimpulannya, masa depan seorang ilmuwan data kemungkinan akan dibentuk oleh kemajuan teknologi, semakin pentingnya privasi dan keamanan data, kebutuhan untuk keterampilan komunikasi yang kuat, dan penekanan yang lebih besar pada spesialisasi industri. Karena bisnis terus bergantung lebih banyak pada data untuk membuat keputusan, ilmuwan data akan memainkan peran yang semakin penting dalam membantu organisasi tetap kompetitif dan membuat pilihan yang tepat.(ald/and)

Kontributor : Aldi Aditya Suprijadi, Mahasiswa Prodi Teknologi Sains Data Angkatan 2022

Daftar pustaka : 

Azure.microsoft.com. What is a data scientist? Diakses pada 12 Maret 2023, dari https://azure.microsoft.com/en-us/resources/cloud-computing-dictionary/what-is-data-science/

Intellipaat.com. What Does a Data Scientist Do? Diakses pada 12 Maret 2023, dari https://intellipaat.com/blog/what-does-data-scientist-do/

Netguru.com. What Is Data Science? Complex Guide for 2022. Diakses pada 12 Maret 2023, dari https://www.netguru.com/glossary/data-science

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts