Meningkatkan Efisiensi Bisnis dengan Penerapan Teknologi Sains Data

Laboratorium Pendidikan

FTMM NEWS – Di era digital yang semakin maju saat ini, data menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis. Data merupakan sumber informasi yang dapat membantu perusahaan mengambil keputusan yang tepat. Data yang tidak terorganisir dengan baik, tidak akan memberikan manfaat apapun bagi perusahaan. Oleh karena itu, teknologi sains data hadir sebagai solusi pengelolaan data yang efisien dan efektif.

Apa itu Teknologi Sains Data?

Teknologi sains data adalah suatu gabungan antara ilmu komputer, matematika/statistik, dan business knowledge. Sains data sendiri merupakan suatu metodologi yang digunakan untuk mendapatkan wawasan dari data terutama pada data yang berukuran besar. Wawasan tersebut selanjutnya akan digunakan untuk menganalisis data untuk mengambil suatu keputusan. Sains data berfokus pada analisis data pada kejadian saat ini untuk memprediksi kejadian masa depan sehingga dapat diambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data tersebut.

Bagaimana Teknologi Sains Data dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis?

Ilmu data telah berevolusi seiring berkembangnya teknik komputasi. Seorang Data Scientist perlu memahami berbagai teknologi data bervolume besar. Teknologi Sains Data dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dengan menganalisis data pelanggan, memprediksi penjualan di masa depan, membuat keputusan sesuai data/fakta, dan mengoptimalkan rantai pasokan. Hal ini memungkinkan Teknologi Sains Data untuk lebih fokus pada pengembangan produk, efisiensi, dan layanan yang baik bagi pelanggan dan untuk perusahaan itu sendiri. 

Tantangan dan resiko penerapan Teknologi Sains Data 

Meskipun Teknologi Sains data dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi bisnis, namun ada beberapa tantangan dan risiko seperti sulitnya mengumpulkan data dan memfilter data yang akurat dan representatif. Selain itu adanya keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola informasi, kompleksitas ilmu data yang sulit atau hampir mustahil untuk dikuasai, serta resiko keamanan privasi data seperti kebocoran dan penyalahgunaan data

Mengatasi tantangan dan resiko Penerapan Teknologi Sains Data

Untuk mengatasi tantangan dan risiko penerapan Teknologi sains data, ada beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan. 

  1. Memastikan data yang diambil merupakan data yang akurat dan representatif dengan melakukan pembersihan dan validasi data. 
  2. Melatih karyawan dalam pengelolaan dan analisis data sehingga setiap karyawan memiliki keterampilan dasar yang cukup dalam pengolahan data. 
  3. Menerapkan protokol keamanan data yang ketat untuk melindungi data privasi dan mencegah kebocoran atau penyalahgunaan data. Terakhir, perusahaan harus mematuhi peraturan mengenai penggunaan teknologi. 

Secara keseluruhan, teknologi sains data sangat penting bagi suatu bisnis di era digital saat ini. Dengan bantuan teknologi sains data, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan fakta dan data yang akurat. Namun, perusahaan harus waspada dan menyadari potensi tantangan dan risiko yang mungkin terjadi dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. (Sal/end) 

Kontributor : Salwa Sabian Raihana, Mahasiswa Teknologi Sains Data

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts