Menilik Pengalaman Siswa terhadap Proses Rekonstuksi Pengetahuan Menggunakan Metode Peta Konsep

FTMM NEWS – Peningkatan strategi pembelajaran melalui teknologi digital dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Metode peta konsep sebagai salah satu bentuk strategi pembelajaran merupakan metode yang efektif dalam mendukung aktivitas belajar dan mengajar. Di samping banyak efek positif dari penggunaan peta konsep terhadap peningkatan pemahaman dan prestasi belajar siswa, beberapa studi telah menyimpulkan bahwa siswa masih membutuhkan usaha untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap suatu topik pembelajaran ke dalam komposisi peta konsep karena kurangnya pemahaman yang relevan dan pengetahuan dasar tentang topik pembelajaran tertentu. Peran guru sebagai pendidik tetap berpengaruh untuk mendukung pemanfaatan potensi peta konsep dalam kegiatan belajar mengajarnya secara optimal. 

Penelitian ini mengulas bagaimana mengembangkan peta konsep Kit-Build sebagai strategi pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka melalui aktivitas rekomposisi dalam peta konsep. Eksperimen dalam perkuliahan dengan mahasiswa sarjana dilakukan untuk menguji beberapa strategi pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk mendukung aktivitas belajar mereka selama di kelas. Berdasarkan pengalaman mahasiswa, keuntungan dan kerugian dalam menggunakan peta konsep Kit-Build dan strategi lainnya teridentifikasi melalui eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa Peta konsep Kit-Build adalah strategi pembelajaran yang lebih preferable untuk mendukung pembelajaran siswa agar lebih efisien dan bermakna. Apalagi dengan adanya alat pemetaan konsep semacam ini, kita dapat melakukan dekomposisi secara otomatis atau manual dengan dukungan komputer. Itulah mengapa, Kit-Build Concept Map Authoring Tool dikembangkan dengan memasukkan teknologi komputer ke dalam kegiatan pemetaan konsep secara digital. Studi ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru merasa Kit-Build efisien dalam membantu kegiatan penyusunan peta konsep. Hal ini mendukung upaya peningkatan pemahaman siswa terhadap topik pembelajaran tertentu.

Metode Peta Konsep

Untuk mengukur dan menggambarkan perspektif siswa tentang peta konsep sebagai penunjang pembelajaran di kelas, peneliti melakukan survey. Survey dengan kuisioner dan wawancara ini dilakukan kepada para siswa di akhir pembelajaran. Hasil survey menunjukkan bahwa berdasarkan pengalaman siswa, peta konsep digital tersebut memiliki potensi untuk memberikan pendekatan pembelajaran yang lebih baik. Selain itu, juga membantu siswa memahami suatu topik pembelajaran selama pembelajaran di kelas. Siswa mempersepsikan strategi pembelajaran rekomposisi peta konsep secara digital itu penting, berguna, dan menarik daripada strategi peta konsep tradisional. Siswa melihat peta konsep digital dan rekomposisi menggunakan Kit-Build Concept Map—sebagai strategi pembelajaran—cocok untuk mendukung aktivitas belajar di kelas. Mereka juga menyebutkan bahwa peta konsep dengan fitur rekomposisi berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai alat penilaian seberapa jauh peta konsep digital yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. 

Para siswa percaya bahwa peningkatan sistem Kit-Build dalam hal usability, experience, dan performance dapat bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran dengan peta konsep Kit-Build; harapannya mampu pula meningkatkan pembelajaran untuk menjadi lebih baik dalam berbagai aspek. Banyak siswa menyebutkan bahwa fitur yang penting adalah kemampuan untuk membatalkan dan mengulang dari apa yang mereka lakukan selama melakukan rekomposisi peta konsep. Oleh karena itu, peta konsep digital harus memiliki tingkat kegunaan dan kinerja yang tinggi. Hal ini agar secara positif membantu pembelajaran dan bukannya menjadi penghambat aktivitas pembelajaran.

 

Penulis: Chandrawati P. Wulandari, Ph.D.

Editor: Rizky Astari Rahmania

 

Publikasi:

Pinandito, Aryo, Chandrawati Putri Wulandari, Didik Dwi Prasetya, Yusuke Hayashi, and Tsukasa Hirashima. “Knowledge Reconstruction with Kit-Build Concept Map: A Review from Student Experience.” In 7th International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology 2022, pp. 263-270. 2022. https://doi.org/10.1145/3568231.3568274 



Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts