Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid

Maksimalkan Serapan Energi Terbarukan 

FTMM NEWS – Energi merupakan komponen yang sangat penting bagi manusia (Sihombing, 2022). Hal ini menyebabkan kita untuk terus mengkonsumsi kebutuhan listrik sehari-hari. Namun, sumber energi yang kita gunakan juga memiliki batasan tertentu. Energi konvensional yang kita gunakan selama ini tentunya akan habis yang membuat kita harus mencari alternatif sumber energi dengan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. 

Energi terbarukan sendiri merupakan energi yang diperoleh dari sumber alam yang terus menerus ada dan tidak pernah habis. Energi ini sangat berbeda dengan energi konvensional yang memerlukan waktu ribuan tahun untuk terbentuk dan akan habis suatu hari nanti. Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia sangatlah besar. Dapat dilihat dari energi surya yang stabil sepanjang tahun dengan intensitas radiasi kurang dari 4 kWh/m2. Akan tetapi pemanfaatan energi surya selama ini masih sangat sedikit dimana baru mencapai 152,44 MWp dari potensi yang ada sebesar 207,8 GWp (Afif & Martin, 2022).

Pembangkit listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk mendorong segala jenis aktivitas kehidupan manusia, seperti digunakan untuk penerangan, fasilitas umum, keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan membantu perekonomian negara (Sandro Putra, 2016). Potensi pembangkit listrik tenaga hybrid dapat menggantikan energi fosil yang sekarang menjadi energi utama dalam kehidupan. Hal tersebut menjadi hal penting bagi kita untuk terus mengembangkan inovasi baru pembangkit listrik tenaga hybrid dengan menggabungkan tenaga I (pembangkit listrik konvensional dan energi terbarukan) (Tenaga listrik tenaga surya? Pembangkit listrik konvensional? Beberapa energi terbarukan?)  dan Mikrohidro yang bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat mulai dari listrik rumahan hingga industri.  

Manfaat pembangkit listrik tenaga hybrid : 

  1.   Lingkungan yang bersih

  Pembangkit listrik tenaga hybrid memiliki potensi yang sangat besar terhadap lingkungan. Penggunaan energi terbarukan memberikan dampak untuk mengurangi emisi karbon dan polusi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik konvensional. Hal ini dapat memperbaiki kualitas udara dan menjaga stabilitas lingkungan agar tetap bersih.

  1.   Efisiensi energi yang tinggi

  Penggunaan lebih dari satu sumber energi membuat sistem pada pembangkit untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi. Seperti halnya penggunaan tenaga angin dan tenaga surya secara bersama yang dapat menghasilkan energi listrik yang lebih baik.

  1.   Menjaga stabilitas dan kemandirian energi.

 Sistem pembangkit listrik tenaga hybrid ini memiliki cadangan yang mampu beroperasi apabila terjadi gangguan pada salah satu sumber energi utama. Sehingga, stabilitas pembangkit ini lebih baik daripada konvensional. Dengan menggunakan energi yang beragam, negara mampu meningkatkan kemandirian energi dan tidak menggantungkan impor dari negara lain.

Oleh karena itu, pembangkit listrik tenaga hybrid memiliki potensi yang sangat besar untuk negara dan masyarakat. Dengan memanfaatkan berbagai energi yang dipadukan akan memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi. Sehingga pembangkit listrik tenaga hybrid menjadi solusi yang efektif untuk menghasilkan energi listrik yang efisien dan berkelanjutan.(ain/and)

Kontributor : Moch. Ainul Yaqin, Mahasiswa Teknik Elektro FTMM UNAIR

Referensi

Afif, F., & Martin, A. (2022). Tinjauan Potensi dan Kebijakan Energi Surya di Indonesia. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, Dan Material, 6(1), 43. https://doi.org/10.30588/jeemm.v6i1.997

Sandro Putra, C. R. (2016). Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Secara Mandiri Untuk Rumah Tinggal. Seminar Nasional Cendekiawan, 6(1), 23.4.

Sihombing, G. (2022). TINJAUAN STRATEGI DAN POTENSI PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN BAGI NEGARA BERKEMBANG DI ASIA TENGGARA. E-Link: Jurnal Teknik Elektro Dan Informatika, 17(1), 35. https://doi.org/10.30587/e-link.v17i1.3916

 

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts