Mengenal Algoritma dan Masa Depan Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan

FTMM NEWS – Topik tentang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) masih menyimpan sisi menarik, selain dari perspektif machine learning maupun deep learning. Melainkan dari sisi metode klasifikasi dan regresi dari konteks algoritma dan aplikasinya.

Dr. Erma Rahayu Mohd Faizal Abdullah, dosen dari Departemen AI Universiti Malaya, Malaysia menjelaskan, dalam metode klasifikasi, AI dapat digunakan untuk memisahkan data menjadi kategori yang berbeda, seperti mengenali apakah gambar adalah kucing atau anjing. Sedangkan dalam regresi, memprediksi nilai kontinu dapat menggunakan AI seperti halnya memprediksi harga properti berdasarkan fitur-fiturnya.

Pada sisi unsupervised learning, clustering adalah contoh paling umum. Clustering memungkinkan AI untuk mengelompokkan data yang memiliki kesamaan berdasarkan karakteristik tertentu. Misalnya, dalam pemasaran, untuk melakukan segmentasi pelanggan dapat menggunakan AI dengan mengelompokkan pelanggan yang memiliki preferensi atau perilaku serupa. Selain itu, unsupervised learning juga berguna dalam pengenalan pola dan rekomendasi produk.

Gambar 4 trial image processing machine learning

Praktek Aplikasi AI

Setelah mempelajari teorinya, mahasiswa FTMM diajak untuk mencoba aplikasi AI dengan menggunakan google website https://teachablemachine.withgoogle.com/  . Pada halaman tersebut mahasiswa FTMM dapat memasukan banyak sample data untuk membedakan 2 objek pada suatu gambar. Salah satu percobaanya adalah membedakan manusia dengan background. Caranya dengan mahasiswa menyalakan webcam. Hal ini berguna untuk mengumpulkan sample data saat keadaan ada objek manusia dan saat hanya background. Data set tersebut akan di olah sehingga hasilnya mesin bisa membedakan mana yang hanya background dan yang ada objek manusia.

 Dengan demikian, kelas singkat ini telah memberikan gambaran yang jelas tentang definisi AI, hubungannya dengan machine learning dan deep learning, dasar kerja AI, serta perbedaan antara supervised dan unsupervised learning. Melalui contoh-contoh aplikasi AI yang tersebut, para mahasiswa dapat memahami betapa luas dan beragamnya potensi AI dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kelas singkat ini dapat memberikan landasan yang kokoh bagi mahasiswa FTMM untuk menjelajahi dunia yang menarik dan inovatif dari kecerdasan buatan.

Penulis : Maharani Yassar Dewanti dan Purbandini

Editor : Muhammad Syahril Mubarok

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X