Melek Data, Tim Pengmas FTMM UNAIR Bantu Kader Desa dan Guru Sekolah di Desa Sentul, Tembelang, Jombang untuk Pengolahan Data

FTMM NEWS – Data memiliki peran penting dalam pengambilan sebuah kebijakan. Kebijakan akan menjadi tepat sasaran jika didukung dengan ketersediaan data yang valid. Sebagai contoh adalah membantu pemerintah dalam mengambil keputusan berdasarkan data kependudukan. Selain itu dalam lingkup pendidikan / sekolah, seorang guru dapat membuat evaluasi pembelajaran sesuai dengan rincian data perolehan nilai yang diraih oleh siswanya. Oleh karena itu, pada hari Sabtu (20/08/2022), tim dosen dan mahasiswa dari FTMM UNAIR melakukan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan analisis data menggunakan Microsoft Excel dan pembuatan dashboard dengan menggunakan Google Data Studio bagi para kader desa Sentul dan juga guru-guru di SDN Sentul 2, Tembelang, Jombang.
Program ini dipimpin oleh Ratih Ardiati Ningrum, S.Si., M.Stat. sebagai dosen dari program studi Teknologi Sains Data dengan menggandeng beberapa dosen beserta mahasiswa untuk menjadi anggotanya. Pelatihan analisis data dan pembuatan dashboard ini dilakukan dengan cara mensosialisasikan penggunaan Ms. Excel untuk pengolahan data yang berkaitan dengan data penduduk seperti rasio jenis kelamin penduduk, jumlah kelahiran, banyaknya kasus stunting, dll bagi para kader desa. Selain itu, kader juga ditunjukkan bagaimana memvisualisasikan data yang bagus dan menarik menggunakan Google Data Studio.
Hampir sama dengan kegiatan bagi kader desa, tim pengabdian masyarakat dari FTMM UNAIR mengadakan hands-on penggunaan Ms. Excel dan Google Data Studio untuk data nilai siswa bagi para guru di SDN Sentul II. Pelatihan dan pendampingan secara langsung untuk setiap guru dilakukan secara komprehensif sehingga masing-masing guru dapat mengikuti materi yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat FTMM UNAIR dengan baik.
Sebelum melakukan pelatihan, para guru dan kader diminta untuk mengerjakan soal pre-test dengan tujuan untuk menguji pengetahuan dari guru dan kader mengenai materi yang akan disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat FTMM UNAIR. Para guru dan kader terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Hal tersebut terlihat dari banyak dari mereka yang aktif bertanya dan juga menjawab beberapa pertanyaan yang dilemparkan oleh pemateri. Mereka menganggap bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membantu proses pengolahan data, utamanya yang berkaitan dengan data nilai siswa dan data penduduk.
Setelah pelatihan selesai, para guru dan kader juga diminta untuk mengerjakan soal post-test untuk mengetahui hasil dari pelatihan yang sudah dilakukan. Sebagai hasilnya, dapat dilihat bahwa nilai dari post-test lebih besar dari pre-test yang mana dapat diasumsikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berjalan sukses karena para guru dan kader memperoleh hasil yang lebih baik dari pelatihan yang sudah dilakukan. Selain itu, para guru dan kader juga meminta agar pelatihan tersebut dilakukan lagi di lain waktu untuk menambah pengetahuan yang baru.


Gambar 1. Kader Desa Sentul Menyimak Materi Sambil Membaca Modul Pelatihan yang Dibagikan Tim Pengabdian Masyarakat FTMM UNAIR (Dokumen Pribadi)

Gambar 2. Pemateri dari Tim Pengabdian Masyarakat FTMM UNAIR Memberikan Materi Kepada Para Kader Desa Sentul (Dokumen Pribadi)

Gambar 3. Guru SDN Sentul II didampingi Mahasiswa Mencoba Mengolah Data (Dokumen Pribadi)

Gambar 4. Pemateri dari Tim Pengabdian Masyarakat FTMM UNAIR Memberikan Materi Kepada Guru-guru SDN Sentul II (Dokumen Pribadi)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X