Mahasiswa Teknik Industri Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Daerah

Diikuti empat sekolah dasar dan kejuruan di Madiun

FTMM NEWS – Mahasiswa KKN BBK 67 UNAIR yang diterjunkan di Desa Sebayi, Kecamatan Gemarang, Madiun, sukses menggelar festival budaya pada Sabtu (28/1/2023). Dengan bertajuk “Sebayi Festival”, kegiatan tersebut merupakan program kerja penutup dari tim KKN BBK 67 UNAIR Sebayi 1 dan Sebayi 2.

Zahy Raihan selaku ketua pelaksana menuturkan, pengadaan kegiatan Sebayi Festival dilatarbelakangi oleh menurunnya kesadaran generasi muda terhadap budaya daerah. Oleh karena itu, ia dan tim KKN BBK 67 UNAIR Desa Sebayi menggagas kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman sekaligus untuk melestarikan budaya daerah.

“Jadi, Sebayi Festival ini menjadi program kerja penutup kami yang juga sekaligus sebagai ajang pelestarian budaya daerah yang ada di Madiun,” kata Zahy.

Gandeng Anak Muda Setempat

Sejak awal, kegiatan Sebayi Festival bertujuan untuk meningkatkan pemahaman budaya daerah yang ada di Madiun sehingga tetap terjaga dan lestari. Oleh karena itu, kegiatan Sebayi Festival digelar dengan menggandeng anak-anak muda setempat yang memiliki minat dan potensi dalam pelestarian budaya daerah.

Pada puncak gelarannya, Sebayi Festival menampilkan beberapa kesenian tradisional Kabupaten Madiun, salah satunya yang menarik perhatian khusus ialah tari Dongkrek.

Menurut penuturan masyarakat setempat, tari Dongkrek merupakan kesenian asli dari Kabupaten Madiun yang mengisahkan pengusiran makhluk halus penyebab pagebluk ata wabah penyakit. Tari Dongkrek ini dibawakan oleh siswa-siswi dari SMKN 1 Gemarang, Madiun.

Selain tari Dongkrek, terdapat pula penampilan tari Rampak oleh SDN Sebayi 01, serta tari Soyong asal Jawa Timur yang dibawakan oleh SDN Sebayi 02.

Sempat Alami Kendala

Meskipun berhasil mendulang kesuksesan, tetapi acara Sebayi Festival itu berjalan bukan tanpa kendala. Zahy mengaku bahwa acara yang digawangi olehnya tersebut berjalan dengan persiapan yang belum sepenuhnya matang lantaran keterbatasan biaya serta tenaga. 

“Persiapan yang kami lakukan sebenarnya kurang matang dan serba terbatas, terutama dalam hal biaya dan tenaga,” ucapnya.

Namun demikian, tambah Zahy, berkat koordinasi yang baik antar anggota tim pelaksana, program kerja berbasis pelestarian budaya daerah tersebut dapat berjalan hingga tuntas dan sukses.

Digelar dengan cukup meriah, Sebayi Festival berhasil menggaet antusiasme besar. Masyarakat yang hadir untuk menonton tidak hanya berasal dari Desa Sebayi saja, tetapi juga dari desa-desa sekitarnya. 

“Warga disini sangat antusias untuk datang dan melihat langsung pagelaran Sebayi Festival. Bisa dilihat dari jumlah warga yang hadir mencapai lebih dari 100 orang. Tentu saja jumlah ini cukup menggembirakan bagi kami,” tutur mahasiswa prodi manajemen UNAIR itu.

Tidak hanya mampu menarik animo masyarakat sebagai penonton, tetapi kegiatan Sebayi Festival itu juga berhasil membuka peluang ekonomi masyarakat sekitar. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya UMKM daerah yang turut hadir meramaikan pagelaran tersebut.

Besarnya partisipasi serta animo masyarakat Desa Sebayi didapatkan tentu saja bukan secara instan. Diperlukan adanya interaksi serta bonding kuat antara tim KKN UNAIR dengan masyarakat setempat sehingga dapat saling bahu-membahu dalam menyukseskan acara Sebayi Festival.

Ke depan, Zahy berharap, selepas penarikan mahasiswa KKN UNAIR yang akan berlangsung pada 4 Februari mendatang, Desa Sebayi akan terus menjadi daerah yang lebih maju dari berbagai aspek.

“Semoga kedepannya, warga Desa sebayi semakin maju dari segala aspek, mulai dari pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya,” tutup Zahy.(yla/and)

Sumber : https://unair.ac.id/kkn-unair-ajak-generasi-muda-lestarikan-budaya-daerah/

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

Kesiapan UNAIR Sambut SNBT 2023

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) siap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Hal

X