Mahasiswa TE Bangun Awareness Isu Teknologi Terbarukan Lewat Talkshow

TALKTEA Juga Berhasil Bangun Antusiasme Pentingnya Melek Teknologi Hijau

FTMM NEWS – Pesatnya peningkatan kebutuhan energi pada masa sekarang yang masih belum banyak didukung oleh adanya energi terbarukan, membawa beberapa dampak buruk dan tantangan bagi kita sebagai generasi muda. Salah satu dampak buruk yaitu global warming. Global warming (pemanasan global) menurut Merriam-Webster merupakan peningkatan suhu atmosfer dan suhu laut di bumi secara luas dan diperkirakan terjadi karena peningkatan efek rumah kaca yang dihasilkan oleh polusi. 

Atas latar belakang permasalahan ini, mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga angkatan 2022, menggelar Webinar Talkshow Teknik Elektro Airlangga (TALKTEA) dengan tema ‘renewable energy’. TALKTEA ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa/i baik SMA dan SMP untuk mengedukasi dan meningkatkan awareness terhadap keadaan lingkungan yang terjadi saat ini.

TALKTEA dilaksanakan pada 4 Maret 2023 ini dihadiri oleh 110 siswa/i tingkat SMA dan SMP dari berbagai daerah di Indonesia. TALKTEA ini diisi dengan 4 topik dengan pemateri yang berbeda. Sesi pertama diisi oleh Prisma Megantoro S.T., M.Eng dosen Teknik Elektro Universitas Airlangga, yang membahas tentang renewable energy. Kemudian dilanjutkan oleh 3 komunitas yang yang ada di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga. Diantaranya E-VOS (Electrical Vehicle on Study) yang membahas topik motor listrik, lalu RASENA dengan fokus utama membahas mobil listrik, dan terakhir oleh IMERCY (Instrumentation and Energy Research Community), yang fokus pada energi baru dan terbarukan. 

Dalam kegiatan, peserta sangat antusias dengan melakukan interaksi seperti tanya jawab dengan pemateri. Diantara peserta juga ikut serta dalam menjawab tebak gambar yang telah disiapkan oleh panitia, dan merespon pertanyaan dari panitia yang disampaikan saat webinar.(eds/and)

Kontributor : Edsy Bherliyana Fatimatus Zahro’, Mahasiswa Teknik Elektro 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts