Mahasiswa Rekayasa Nanoteknologi Ikuti IEEE SENNANO 2023, Malaysia

FTMM NEWS – Mahasiswi Fakultas Teknologi Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menunjukkan eksistensinya di kancah internasional. Laurencia Gabrielle, mahasiswa S1 program studi Rekayasa Nanoteknologi berkesempatan mengikuti IEEE International Conference on Sensors and Nanotechnology (SENNANO 2023).

Konferensi Internasional SENNANO 2023 berlangsung tanggal 26-27 September 2023 di The Everly Putrajaya Hotel, Putrajaya, Malaysia. Konferensi tersebut menghadirkan 7 International Keynote Speakers dan 8 Invited Speakers dari berbagai negara.

Laurencia Gabrielle atau Oyen, sapaan akrabnya, dapat mengikuti konferensi tersebut berkat kreativitasnya, berbekal pengalamannya dalam mengerjakan project kuliah. Project kuliahnya berhasil mengantarkannya menjadi salah satu dari peserta yang terpilih. Oyen mempresentasikannya lewat forum ini. 

Melalui wawancara dengan FTMM NEWS (29/9/2023), Oyen memberitahukan kegembiraannya dalam mengikuti konferensi tersebut. “Awalnya saya memulai hal ini hanya sekedar melengkapi tugas kuliah dosen, namun tanpa sadar saya mengembangkan lebih dalam dan mendapatkan kesempatan ini,” ujar gadis cantik itu.

Di bawah bimbingan Prastika Krisma Jiwanti, S.Si., MSc.Eng., Ph.D., secara lebih detail, Oyen mengangkat topik  dengan pembuatan Electrochemical detection of ciprofloxacine. Lebih lanjut, projek itu fokus pada pembuatan modifikasi screen-printed electrode dengan menggunakan Cu-Ag core-shell nanoparticles.

Selain itu, Oyen mengatakan kesulitan utama mengikuti konferensi internasional itu. Dirinya mengaku gugup saat mempresentasikan topik inovasi yang ia angkat. Namun wanita asal Surabaya ini berusaha mempersiapkan sebaik mungkin. Mahasiswa Angkatan 2020 ini mengaku senang dan bersyukur bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

Pada kesempatan ini, Oyen berpesan kalau semua mendapatkan kesempatan yang sama. Jangan menyia-nyiakan disia-siakan karena kesempatan gak akan datang dua kali terlebih tiga kali, yang penting jangan gengsi dan lakukan sebaik mungkin, toh hitung-hitung kita bisa belajar sambil nambah pengalaman lewat kesempatan itu” Tuturnya dengan logat khas jawa timurnya. 

Kontributor: Dhurriah Zain; Andri Hariyanto

Editor : Ananta Adhi Wardana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

Kesiapan UNAIR Sambut SNBT 2023

FTMM NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) siap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Hal