Maba Termuda UNAIR, Ini Sosok Alvin Hongara Pemuda Asal Mataram

Alvin Hongara maba termuda UNAIR

FTMM NEWS – Nama Alvin Hongara asal Mataram kini menjadi buah bibir di kalangan civitas akademika Universitas Airlangga. Ini karena Alvin (nama panggilanya) menjadi mahasiswa baru (maba) termuda angkatan 2023 dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dengan usia 16 tahun 6 bulan. Mencatatkan dirinya sebagai maba Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga termuda.

Alvin merupakan alumnus asal SMAN 5 Mataram Nusa Tenggara Barat. Alvin merupakan anak ke dua dari empat saudara. Bahkan kakak kandungnya menjadi teman seangkatan, karena Alvin merupakan mahasiswa percepatan/akselerasi di sekolahnya. 

Dalam proses seleksi maba, Alvin berfokus pada pilihan prodi di UNAIR. Alvin memilih pilihan pertama di Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, dan pilihan kedua Prodi  Rekayasa Nanoteknologi. Meski berisiko cukup besar, ia tidak memiliki minat untuk memasukan opsi lain karena ketertarikannya di prodi ini. 

Keinginannya masuk jurusan ini muncul saat ia melihat konten media sosial yang menunjukan prodi-prodi langka di Indonesia. Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta Rekayasa Nanoteknologi UNAIR yang Alvin pilih memang menjadi jurusan satu-satunya di Indonesia.

Meski sebelumnya tak pernah mengenyam ilmu robotika, maba kelahiran Ambon itu bertekad akan bersungguh-sungguh berkuliah dan mempelajari keterampilan yang akan ia berikan pada masa perkuliahan. 

Kepada FTMM NEWS, Jumat (23/06), Alvin menyampaikan ingin mempelajari hardware, software, dan mempelajari serta mengaplikasikan dalam kesehariannya. Mimpinya menjadi maba di TRKB supaya bisa berperan dalam diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. 

“Kunci saya sebagai maba termuda di UNAIR, jangan ragu mengambil kesempatan, misal mengambil kelas percepatan,” jelas Alvin.

Penulis : Andri Hariyanto 

Editor : Muhammad Syahril Mubarok

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X