Lingkungan Yang Ramah Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

FTMM NEWS – Pembangunan yang ramah lingkungan mutlak diperlukan. Pada saat ini, suatu kota sedang menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan yang berhadapan dengan pembangunan infrastruktur. Beberapa contoh dari permasalahan tersebut adalah peningkatan gas rumah kaca, polusi yang meningkat, arus urbanisasi yang tinggi. Selain itu, juga memicu kenaikan permukaan air laut, serta penurunan permukaan tanah. Oleh karena itu, upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu pembangunan infrastruktur. Teknologi hijau dan inovasi menjadi kunci dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Salah satu solusi penting adalah pembangunan green data center. Green data center adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dengan memanfaatkan teknologi hijau dan efisiensi energi. Salah satu contoh dari data center adalah menyediakan fasilitas daur ulang dan limbah dengan menggunakan sistem pendingin ecofriendly. Selain green data center, pengelolaan data geospasial juga memiliki peran penting dalam permasalahan lingkungan dalam pengembangan infrastruktur berkelanjutan. Data geospasial membantu dalam manajemen sumber daya air dan energi yang lebih efisien, pengaturan lalu lintas, dan pemantauan polusi udara.

Upaya untuk menjaga lingkungan banyak solusi yang dapat mendukung, yaitu menggunakan kendaraan ecofriendly, membangun infrastruktur hijau di kota. Selain itu, dapat juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpatisipasi, membuat perencanaan tata kota yang cerdas.

Sebagai mahasiswa prodi Teknologi Sains Data, saya sangat menyadari bahwa peran teknologi dan inovasi berbasis lingkungan sangat penting dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Semua pihak memiliki peran kunci dalam menerapkan solusi yang ramah, maka dari itu mari bersama-sama menjaga dan merawat planet kita, serta berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Penulis : Devina Salsabila

Editor : Andri Hariyanto

 

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts