Lagi. Pengmas Prodi TRKB Wujudkan Instalasi Hidroponik di Gempol Pasuruan 

FTMM NEWS – Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga, mengunjungi Dusun Panderejo Desa Legok Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Sabtu (28/05). Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian program pengabdian masyarakat TRKB kepada masyarakat setempat. 

Pada kunjungan ini, para akademisi TRKB melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai pembangunan instalasi hidroponik yang terintegrasi dengan panel surya dan sistem dispenser nutrisi otomatis. Acara ini dibuka oleh Purbandini, S.Si, M.Si. Koordinator Program Studi TRKB, dan kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari kepala dusun setempat, Sunoto.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai green farming oleh Rizky Putra Prastio, S.Si., M.T. Tio, panggilan akrabnya memaparkan materi mengenai pengaplikasian smart farming untuk budidaya sayur dengan menggunakan teknik hidroponik. Beliau menjelaskan mengenai keuntungan yang dapat diperoleh melalui teknik hidroponik diantaranya produktivitas yang tinggi, mudah dirawat, bersih, dan hemat tempat. Selanjutnya, beliau memaparkan aplikasi smart farming pada budidaya sayur menggunakan hidroponik yang telah beliau kerjakan selama 3 tahun di Karang Ploso Kecamatan Gempol. Sistem tersebut dilengkapi dengan panel surya sehingga warga tidak perlu khawatir mengenai asupan listrik yang digunakan untuk memompa air bernutrisi pada tanaman hidroponik.

Sosialisasi warga kemudian dilanjutkan oleh Muhammad Aldo Setiawan, S.Si., M.Sc (Eng). mengenai alat AIROPONIK. Alat ini berfungsi untuk menyalurkan nutrisi ke instalasi hidroponik. Selain itu alat ini juga dapat memonitor nutrisi yang terkandung pada instalasi hidroponik tersebut. Dengan alat ini, warga tidak perlu untuk memeriksa kandungan nutrisinya sehingga budidaya hidroponik menjadi lebih mudah. Hal ini merupakan solusi tepat bagi warga sekitar karena mereka tidak memiliki waktu untuk memeriksa tanaman secara berkala.

Sosialisasi dilanjutkan tanya jawab dengan warga. Warga terlihat sangat tertarik mengenai sistem ini yang dapat terlihat dengan banyaknya pertanyaan mengenai instalasi panel surya sebagai asupan listrik untuk instalasi hidroponik dan juga pertanyaan mengenai sistem nutrisi otomatis. Acara dilanjutkan dengan pemasangan AIROPONIK pada instalasi hidroponik milik warga setempat. 

Seperti yang diketahui, Prodi TRKB FTMM UNAIR mengaplikasikan teknologi berbasis IoT dalam hidroponik sayur di Karang Ploso, Gempol, Pasuruan. Namun karena melihat peluang dan potensi yang lebih besar, maka pengmas kembali dilanjutkan.

 

Penulis : Ananta Adhi Wardana

Editor : Ananta Adhi Wardana

 

 

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts