Kesempatan karir apa saja yang bisa didapatkan?

Data Scientist (Ilmuwan Data)

Ilmuwan data mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mendapatkan wawasan yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan serta dapat mengkomunikasikan temuan tersebut. Ilmuwan data adalah orang-orang yang dapat memahami data dari perspektif yang lebih luas untuk membantu proses pengambilan keputusan. Seorang ilmuwan data membutuhkan pengetahuan yang kuat tentang analisis data, bahasa pemrograman seperti Python atau R, dan keterampilan visualisasi data serta pengetahuan di bidang pekerjaan tertentu untuk mengkomunikasikan temuan dan wawasan dengan lebih baik.

Entrepreneur (Wirausahawan)

Seorang lulusan sains data dapat menggunakan kreativitasnya untuk membangun bisnis dengan mendirikan startup berdasarkan pengetahuan dan keterampilan analisis data yang dimiliki.

Konsultan Analis Data

Peran utama konsultan analis data adalah memberikan wawasan kepada pihak yang berkepentingan untuk membantu proses pengambilan keputusan. Konsultan analis data dapat berspesialisasi dalam bidang industri, kesehatan, bisnis, finansial, sosial maupun bidang lainnya. Perbedaan antara konsultan dan ilmuwan data in-house atau analis data adalah konsultan dapat bekerja sama dengan pihak yang berbeda dalam periode waktu tertentu.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts