Reportase Kerja Sama FTMM UNAIR dengan Universitas di Taiwan

FTMM NEWS – Kunjungan delegasi FTMM UNAIR ke Taiwan bermulai dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), atau Taiwan Tech, pada tanggal 24 Oktober 2023 dan 26 Oktober 2023. Kedatangan ini mendapat sambutan Chairman of Department of Electronics and Computer Engineering, Prof. Yuan-Hsiang Lin, Prof. Poki Chen, dan Prof. Man-Hay Pong.

Pertemuan ini membahas kerjasama dalam bidang teknik dan teknologi, khususnya menyamakan beberapa research interest antara kedua pihak bidang renewable energy, berupa green building, green energy, motor control. Tim delegasi FTMM UNAIR dan para mitra dari NTUST, mendiskusikan potensi kesamaan research interest berdasarkan bidang penelitian. Tim menyimpulkan bahwa penelitian di bidang energi terbarukan, kecerdasan buatan dan IoT memiliki potensi besar untuk kolaborasi.

Delegasi FTMM Kunjungi Departemen Industri dan Elektronik

Selain mengunjungi Department of Electronics and Computer Engineering, delegasi berkesempatan untuk berinteraksi dengan Chairman of Department of Industrial Management, Prof. Tsai-Chi Kuo, Prof. Shi-Woei Lin, dan Prof. Robert Lin.

Diskusi melibatkan potensi kerjasama riset dan akademik dalam bidang keilmuan teknik industri. Khususnya bidang sustainability, decision analysis dan human factors yang menjadi research interest  dari Department of Industrial Management. Dari kunjungan ini, Chandrawati menyampaikan kalau FTMM berkesempatan melihat fasilitas – instrumen lab.

Seperti lab yang ada misalnya Lean Manufacturing Laboratory dan Intelligent Operations Center. Intelligent Operations Center sudah berkolaborasi dengan produsen IT terkemuka di Taiwan. Misalnya NEXCOM, pendukung utama transformasi digital di Industri 4.0. Lab ini punya akses ke data real-time dari pabrik. Fasilitas ini sebagai sarana penting yang mendukung proses pengambilan keputusan yang efisien dan efektif dengan menyediakan solusi nyata.

Selain itu, ada juga Smart Manufacturing Laboratory yang memiliki dua robot industri, satu robot kolaboratif, dan sistem Automated Optical Inspection (AOI). Sistem ini hasil bekerja sama dengan TUL-Corporation, produsen terkemuka dan OEM (Original Equipment Produsen) untuk perusahaan seperti AMD.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk mendukung kemajuan Industri 4.0. Salah satu yang dikembangkan adalah teknik untuk mendeteksi kecacatan (defect) produk yang dapat diidentifikasi melalui kamera-kamera yang terpasang di laboratorium ini. Bidang penelitian ini memiliki k eterkaitan dengan tim peneliti dari Program Studi Teknik Industri . Selain NTUST, delegasi FTMM UNAIR juga menyambangi NYCU, NTHU, dan NCU.

Penulis: Chandrawati P. Wulandari, Ph.D., Andri Hariyanto

Editor: Ananta Adhi Wardana

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts