Kendala Waktu, Tim Rasena Tetap Optimis di Shell Eco-Marathon 2023

FTMM NEWS – Tim Rasena bakal mengikuti kategori urban listrik dalam kompetisi Shell Eco-Marathon 2023, yang akan digelar di  di Sirkuit Mandalika pada 4-9 Juli 2023. Tim Rasena merupakan wakil dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin UNAIR yang akan berkompetisi pada kompetisi tersebut. Menurut Agus Mukhlisin, S.T., M.T dosen pendamping tim Rasena, Jum’at (23/06), waktu yang tersisa jelang kompetisi cukup ketat. Meskipun tim sudah menyiapkan mobil listrik sejak September 2022 lalu, mobil listrik rasena masih jauh dari sempurna. Apalagi sejak mengikuti mediasi dengan Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, DEA., drh. beberapa waktu lalu, tim telah melakukan sejumlah perubahan makro. Salah satu perubahan tersebut adalah penggantian body mobil, karena beban material yang cukup berat.

Tim Rasena akhirnya melakukan perubahan pada body mobil, dengan mengganti material carbon fiber dari fiber glass karena alasan bahan yang lebih ringan. Sebelumnya, berat mobil listrik Rasena belum mencukupi syarat untuk ikut kompetesi yaitu 70 kilogram. Penggantian ini membutuhkan waktu selama 3 minggu. Bahkan 1 minggu jelang berangkat, mobil belum melewati bagian finishing. Meski komponen penting mobil sudah aman dan sudah terpasang. 

Agus menambahkan, kendala lain berupa kontroler mobil listrik yang dirakit secara manual. Tim merancang kontroler mobil listrik tersebut sesuai kebutuhan pengemudi. Kontroler ditempatkan dalam konstruksi powertrain mobil listrik antara baterai dengan inverter.

“Kita bisa memakai Mobil Rasena kembali tahun depan selepas dari Shell Eco-Marathon 2023,” jelas Agus. Oleh karena itu, mahasiswa dapat menyempurnakan kembali mobil rakitannya selepas kompetisi. 

Rasena kini mendapatkan sponsor besar, yaitu Pelindo dan PT. Cendana Glora Jaya. 

Penulis : Andri Hariyanto

Editor : Ananta Adhi Wardana

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X