Kenali Prodi Teknik Elektro UNAIR dan Kontribusinya dalam Pengabdian Masyarakat

FTMM NEWS – FTMM merupakan salah satu fakultas di Universitas Airlangga yang memiliki kepanjangan dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Fakultas FTMM didirikan pada November 2019 dengan memiliki 5 program studi berjenjang S1, yakni: Teknik Elektro, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknik Sains Data, Teknik Industri, dan Rekayasa Nanoteknologi.

Program Pendidikan Teknik  Elektro memiliki visi menjadikan lulusan S1 Teknik Elektro yang inovatif, unggul, dan terkemuka di tingkat nasional maupun internasional serta berkontribusi aktif untuk mensejahterakan bangsa berlandaskan moral agama. Misi prodi Teknik Elektro adalah mengembangkan pendidikan dan penelitian sehingga menjadi lulusan yang bereputasi internasional dan berkontribusi dalam penerapan teknologi tepat guna dan modern di masyarakat nasional dan internasional.

Prodi Teknik Elektro dalam FTMM merupakan prodi yang termasuk bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain, dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika, dan elektromagnetik sekaligus sistem kontrol. 

Prodi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena banyak perusahaan industri membutuhkan ahli kelistrikan. Selain di perusahaan industri, banyak desa-desa yang belum teraliri listrik hingga saat ini. Dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI, Rabu (15/6/2022), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan “Masih ada lebih dari 4.700 desa yang belum menikmati listrik PLN saat ini, tercatat rasio desa berlistrik yang bersumber dari PLN adalah sebesar 90,78% bahkan beberapa provinsi tercatat masih di bawah 80%”

Peluang lulusan Teknik Elektro sangat besar untuk berkontribusi dalam pengabdian masyarakat demi memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju karena pada saat ini masyarakat membutuhkan listrik untuk kehidupan sehari-harinya. 

FTMM pada saat ini khususnya pada prodi teknik elektro sedang melakukan pengabdian masyarakat di daerah Pulau Gili Iyang, Kabupaten Sumenep, Madura. Pengmas dilaksanakan dengan tema “Implementasi Airfeel versi 3 untuk pemantauan berkelanjutan kondisi cuaca dan kualitas udara di Pulau Gili Iyang, Sumenep” yang diketuai oleh Prisma Megantoro, S.T., M.Eng. dan tema “Sepeda Listrik dan Solar Panel Shelter for E-Bike Charging sebagai Sarana Mobilitas Tenaga Kesehatan Puskesmas di Pulau Gili Iyang, Sumenep” yang diketuai oleh Yoga Uta Nugraha, S.T., M.T.

Bidang-bidang keilmuan lulusan teknik elektro yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat diantaranya:

  • Teknik Ketenagalistrikan

Mempelajari tentang instalasi dan pengaplikasian perangkat yang berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat yang lain. Bidang ini merupakan bidang tertua dari Teknik Elektro.

  • Teknik Kendali

Mempelajari sistem elektronik untuk memberikan pengaturan perintah dengan cepat dan tepat. Teknik kendali tidak hanya terbatas pada Teknik Elektro, Teknik kendali dapat diaplikasikan pada bidang-bidang yang lain seperti kesehatan.

  • Teknik Telekomunikasi

Teknik ini berfokus dalam menyalurkan suatu informasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Sistem Telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik, berbagai macam kabel, atau serat optik untuk mengirimkan informasi.

  • Teknik Komputer

Di prodi Teknik Elektro, mahasiswa mempelajari perancangan sistem perangkat keras dan program komputer. Sistem komputer dari komputer besar disebut dengan mainframe yang digunakan dalam dunia perbankan, rekayasa, dan sains.

  • Elektronika

Bidang ini berhubungan dengan berbagai material yang dapat mengatur aliran listrik, seperti: dioda, transistor, dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat keras yang kemudian. akan digunakan pada bidang teknik komputer dan teknik telekomunikasi.

 

Dengan banyaknya manfaat dalam prodi Teknik Elektro, prodi ini dapat dikatakan termasuk berperan besar dalam mensejahterakan masyarakat, memajukan bangsa Indonesia, dan dapat memajukan teknologi di masa depan.(hib/and)

 

Kontributor : Hibban Jihaddin Islam, Mahasiswa Teknik Elektro

 

Daftar pustaka:

 

https://infopmb.itpln.ac.id/berikut-adalah-7-alasan-kenapa-kamu-memilih-jurusan-teknik-elektro-disimak-yuk/ 

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220615172612-4-347429/4700-desa-belum-teraliri-listrik-begini-jurus-pln#:~:text=%22Masih%20ada%20lebih%20dari%204.700,15%2F6%2F2022). 

https://ftmm.unair.ac.id/teknik-elektro-program-studi/ 

https://ftmm.unair.ac.id/dosen-ftmm-aplikasikan-airfeel-v-3-untuk-masyarakat-gili-iyang/ 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X