Kembangkan Wisata, FTMM Kolaborasi dengan Bumdes Ngiroboyo Pacitan

FTMM NEWS – Mahasiswa Teknik Elektro dari Universitas Airlangga (UNAIR) sedang menjalankan kolaborasi menarik dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Bumdes Pantai Ngiroboyo, Pacitan. Mereka bertujuan untuk menjelajahi dan mengembangkan potensi pariwisata yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi terbarukan, serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Mahasiswa Teknik Elektro UNAIR saat ini sedang melakukan diskusi untuk merumuskan ide-ide inovatif  dalam pengembangan pariwisata di Pantai Ngiroboyo. Desa ini dikenal dengan keindahan alamnya, termasuk pantai eksotis dan potensi wisata bahari yang melimpah.

Langkah awal dalam proses ini adalah mengadakan studi mendalam tentang lingkungan dan kebutuhan wisatawan di daerah tersebut. Mahasiswa Teknik Elektro UNAIR bekerja sama dengan Pokdarwis dalam melakukan survei. Ini untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang bisa di improve melalui pemanfaatan teknologi terbarukan. Seperti energi matahari, pengelolaan limbah, dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Tidak hanya itu, kelompok ini juga sedang menjajaki peluang untuk menciptakan aplikasi yang dapat membantu wisatawan ke Desa Pantai Ngiroboyo. Tujuan dari ide ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan wisatawan dalam mengeksplorasi potensi pariwisata di daerah tersebut.

Yoga Uta Nugraha, S.T., M.T.Dosen Teknik Elektro UNAIR menganggap bahwa kolaborasi ini adalah langkah positif  di sektor pariwisata. Dr. Yoga Uta Nugraha menyatakan, “Kerjasama antara mahasiswa dan masyarakat lokal dalam mencari solusi berkelanjutan untuk pariwisata adalah langkah yang tepat.

“Dengan memanfaatkan teknologi terbarukan, kita bisa mendukung pelestarian lingkungan,” jelas Yoga.

Selama diskusi, Mahasiswa Teknik Elektro UNAIR juga mencoba mengidentifikasi potensi teknologi terbarukan lainnya yang bisa bermanfaat dalam pengembangan pariwisata. Konsep penggunaan panel surya untuk menyediakan energi ramah lingkungan bagi pengunjung. Serta penggunaan teknologi pengelolaan limbah yang efisien adalah beberapa ide yang sedang mereka kembangkan.

Aksi Kolaborasi Bareng Pokdarwis 

Disamping itu, bekerja sama dengan Pokdarwis Desa Pantai Ngiroboyo, mahasiswa Teknik Elektro UNAIR berharap bahwa kolaborasi ini akan membantu mengangkat potensi pariwisata lokal sambil tetap memperhatikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan yang menjadi komitmen UNAIR dalam mencapai SDGs.

Sementara itu, pokdarwis berkomitmen untuk terus menjelajahi peluang baru. Kolaborasi ini menjadi contoh nyata bagaimana akademisi dan masyarakat lokal dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik sambil meningkatkan potensi pariwisata daerah.

Penulis : Muhammad Rafi Nabil Arsalan
Editor: Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts