Joint Class 2023 – Cerita Para LO Selama Seminggu

FTMM NEWS – Prodi Rekayasa Nanoteknologi (RN) FTMM UNAIR sukses menyelenggarakan kegiatan joint class 2023 secara luring pada 3 – 10 September 2023 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh mahasiswa dari UTM dan UPM, Malaysia. Joint class memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti aktvitas perkuliahan di Prodi RN. Selain itu, para peserta juga diajak untuk mengikuti beragam aktivitas lain seperti pengabdian masyarakat, field trip, dan kunjungan ke beberapa tempat ikonik Kota Surabaya. Selama rangkaian acara, Liaison Officer (LO) yang berjumlah enam orang senantiasa menemani aktivitas para peserta, termasuk dalam kegiatan perkuliahan. Keenam LO tersebut berasal dari RN-21 (Muhammad Bimo Wihardana, Athala Rafi Putra F.P, Meida Pangesti Putri Utama, Viona Maria Djojo) dan dari RN-22 (Ziva Shuaoleymah dan Fakhrur Rozi).

Menjadi LO joint class merupakan salah satu kenangan yang sangat berkesan bagi kami. Selama berlangsungnya program, tugas kami yang awalnya hanya sekedar mendampingi aktivitas mereka selama di Surabaya lambat laun mulai menumbuhkan hubungan persahabatan seiring berjalannya waktu. Tak hanya mereka, kami pun juga banyak mempelajari hal baru yang sangat menarik seperti bahasa, budaya, dan kehidupan anak muda di Malaysia. Kami juga melakukan hal lain seperti mendengarkan lagu dari kedua negara, menertawakan lelucon yang tengah viral, atau bahkan menertawakan diri kami sendiri ketika terjadi kesalahpahaman karena faktor perbedaan bahasa.

Nikmati Field trip bersama dengan peserta

Field trip ke Pandaan dan keliling Surabaya semakin menumbuhkan rasa persahabatan. Namun, perpisahan merupakan hal yang terelakkan. Sebelum berpisah, kami sempat bertukar cindera mata sebagai bentuk kenang-kenangan. Tentu kami merasa sedih ketika harus saling berpisah, tapi kami juga merasa bahagia karena pernah saling mengenal.

Secara keseluruhan, joint class 2023 merupakan kegiatan yang sangat berkesan. Selain memiliki teman dari mancanegara, kami juga dapat mengenal lebih dekat beberapa dosen Prodi Rekayasa Nanoteknologi. Kami juga turut terlibat dalam penugasan penulisan artikel ilmiah yang merupakan pengalaman baru juga untuk kami.

Penulis : Muhammad Bimo Wihardana; Meida Pangesti Putri Utama; Viona Maria Djojo; Athala Rafi Putra F.P; Ziva Shuaoleymah; Fakhrur Rozi

Editor : Ananta Adhi Wardana

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X