INVATION 2023: Upaya HMTI UNAIR Untuk Meningkatkan Kualitas Generasi Muda di Seluruh Indonesia

FTMM NEWS – Industrial Innovation Competition (INVATION) merupakan acara persembahan oleh Departemen Keilmuan, Riset, dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Airlangga (HMTI UNAIR). Acara ini merupakan bagian dari Airlangga Technology Week 2.0 (Airnology 2.0), persembahan Badan Eksekutif Mahasiswa FTMM dan berlangsung dari tanggal 2 September 2023 hingga 19 November 2023.

INVATION sendiri terdiri dari dua sub kompetisi, yaitu INVATION-Study Case Competition untuk mahasiswa seluruh Indonesia. Sementara INVATION-Essay Competition untuk siswa-siswi SMA/K sederajat seluruh Indonesia. Acara ini bertujuan ingin meningkatkan kemampuan problem solving dan pemikiran kritis generasi muda di Indonesia. Melalui pemberian kasus nyata yang ada dengan solusi yang  tetap relevan terhadap topik-topik yang sedang hangat seperti SDGs.

INVATION-Study Case Competition tahun ini mengangkat tema “Implementation od SDGs Oriented Collaborative Innovation for Digital Industrial Sustainability”. Study Case Competition juga mengajak Vascular Indonesia untuk menjadi case collaborator untuk para peserta. Sebanyak 22 tim berpartisipasi. Mereka dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Tahapan dari Study Case Competition diawali dengan pengumpulan abstrak dari seluruh tim. Tim yang lolos tahap abstrak akan melanjutkan ke tahap proposal. Seluruh tim harus menyelesaikan kasus nyata dari Vascular Indonesia. Sementara tim yang lolos dari tahap abstrak merupakan sepuluh tim terbaik yang akan mempresentasikan hasilnya di depan para juri. Dyna Team dari Universitas Negeri Sebelas Maret sebagai juara pertama. TuanBuaz dari Universitas Gajah Mada sebagai juara kedua. Sementara  Yunesa Gwenchana dari Universitas Negeri Surabaya sebagai juara ketiga.

Inilah Para Pemenang Kompetisi

Sementara itu, untuk INVATION-Essay Competition, temanya “Innovation From the Young Generation as Agent of Change in Achieving Sustainable Industry Based on Sustainable Development Goals (SDGs)”. Jumlah pendaftar sebanyak 187 tim yang setelah menyelesaikan tahap esai. Mereka tersaring menjadi sepuluh tim terbaik yang akan mempresentasikan hasil-hasilnya di depan para juri. Tim COSMOS yang berasal dari SMAN 1 Kayen meraih juara 1. Juara kedua oleh RAMBEN-NET dari MAN 1 Jepara, dan Last Warrior dari SMA Kristen Petra 4 meraih juara ketiga.

Acara awarding INVATION untuk kedua sub kompetisi pada dua waktu yang berbeda. Awarding Essay Competition berlangsung secara luring di Auditorium Candradimuka, Gedung Nano Lt. 9, Universitas Airlangga Kampus C  pada tanggal 10 Oktober 2023 dimana acara ini juga diadakan bersamaan dengan awarding lomba-lomba lain yang tergabung dalam Airnology 2.0. Sedangkan untuk awarding Study Case Competition, dilaksanakan secara luring pada tanggal 19 November 2023.

Keberhasilan INVATION 2023 merupakan tonggak penting bagi HMTI UNAIR dalam mendukung peningkatan kualitas generasi muda di seluruh Indonesia. Dalam melihat pencapaian positif ini, HMTI UNAIR akan menghadirkan INVATION 2024 nantinya.

Penulis: Adli

Editor: Rizky Astari Rahmania

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

Yoga Uta Nugraha Dosen TE FTMM menjelaskan penempatan produk TE di Gili Iyang

Peserta SEGTA 2024 Jalani Orientasi

FTMM NEWS – Peserta Sustainable Energy and Green Technology Applications (SEGTA) 2024 menjalani sejumlah agenda penting. Salah satunya adalah orientasi,