Inovasi Teknologi Lingkungan untuk Pusat Data Berkelanjutan

FTMM NEWS – Sebelum mengetahui inovasi teknologi lingkungan apa yang dapat dilakukan untuk pusat data berkelanjutan, kita perlu mengetahui pengetahui pengertian dari pusat data. Pusat data adalah fasilitas atau ruang yang berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan mengolah data serta informasi digital. Pusat data meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Namun menyediakan layanan pemrosesan dan penyimpanan data aman.

Dari pengertian tersebut, kita dapat mengetahui seberapa pentingnya pusat data untuk digitalisasi kedepannya. Karena hal tersebut, maka menduung teknologi lingkungan yang canggih dan berkelanjutan.

Inovasi teknologi memerlukan pusat data berkelanjutan. Contohnya,  mmenciptakan teknologi energi terbarukan (panel surya, turbin angin, dan tenaga air) yang dapat menghasilkan energi bersih. Lalu melakukan Smart Grid”, untuk mengoptimalkan distribusi energi listrik. Ini juga bisa mengurangi konsumsi energi yang berlebih.

Kemudian juga terdapat inovasi pertanian digital, IoT (Internet of Things) digunakan dalam pertanian untuk memantau tanaman, mengatur irigasi, dan meningkatkan efisiensi pertanian.

Pusat data memerlukan pendingin untuk menjaga suhu optimal, hal tersebut teratasi dengan adanya inovasi teknologi pendingin untuk menjaga suhu optimal, menggunakan teknologi terbaru menggunakan cairan pendingin yang lebih ramah lingkungan, hal tersebut dapat mengurangi biaya operasional dan membantu untuk berkelanjutan. Untuk menjaga dan melestarikan sumber daya, pusat data memanfaatkan teknologi daur ulang untuk mengurangi limbah elektronik dan mengurangi dampak ekologi. 

Inovasi – inovasi teknologi lingkungan dalam pusat data menciptakan peluang untuk mencapai tujuan dalam menjaga lingkungan untuk pusat data berkelanjutan. Di era digital ini, melakukan dan mencoba untuk melakukan inovasi dalam teknologi yang mendukung pusat data berkelanjutan adalah hal yang penting untuk masa depan yang lebih baik. 

 

Referensi: 

  • Arregoces, M., & Portolani, M. 2003. Data Center Fundamentals. [Link: https://www.amazon.com/Data-Center-Fundamentals-Maurizio-Portolani/dp/1587050234
  • Rong, W., & Sabin, M, J. 2013. The Impact of Information Technology on the Carbon Footprint of Healthcare. Green, Pervasive, and Cloud Computing. Springer.
  • REN21. 2021. Renewables 2021 Global Status Report. [Link: https://www.ren21.net/reports/global-status-report/]
  • Farhangi, H. 2010. The Path of The Smart Grid. IEEE Power and Energy Magazine, 8(10, 18-28. 
  • Liu, Y., Yang, H., Li, Y., & Xu, C. 2017. The Development and Prospect of Precision Agriculture in China. Journal od Integrative Agriculture. 

 

Penulis : Farah

Editor : Andri Hariyanto

 

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts