Ini Cerita Mahasiswa TI Ikuti MBKM dan Ketemu Raffi Ahmad

FTMM NEWS –  Moch. Zaidan Alamsyafi, mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisplin  (FTMM),  Universitas Airlangga (UNAIR) mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan magang tersebut berlangsung Agustus hingga Desember 2023.

Zaidan, panggilan akrabnya, bertugas di Divisi Logistic Performance (Head Office), PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, Kota Tangerang. Alasan Zaidan memilih bidang logistik tersebut karena sesuai dengan minatnya. Zaidan berencana untuk mencari topik penelitian tugas akhir di perusahaan magang tersebut. 

Di tempat magang, Zaidan memegang tanggung jawab dalam menjaga Service Level Warehouse Alfamart Cabang Pontianak, Banjarmasin, dan Kotabumi. Tidak hanya itu, ia juga memiliki rutinitas dalam mengelola data penjualan perusahaan.

Mahasiswa Prodi Teknik Industri angkatan 2020 ini bilang, kalau proses pendaftaran yang berlangsung cukup rumit. Tapi tidak memadamkan semangatnya untuk berjuang dalam pendaftaran tersebut. Justru sebaliknya, ia merasa tertantang untuk mendaftarkan diri pada magang ini. 

Sementara itu, Program MSIB ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin belajar sekaligus merasakan pengalaman nyata di dunia profesional. Terlebih kegiatan ini mendapat pengakuan kredit atau konversi hingga 20 SKS, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir akan tertinggal selama perkuliahan. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti MSIB akan mendapatkan dana hidup bulanan bagi mitra industri yang mengajukan pendanaan. 

“Melalui MSIB ini, saya banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan ketika berada di kampus. Saya merasa sangat beruntung memiliki kesempatan mengikuti MSIB dan tidak takut dengan risiko yang dihadapi,” tuturnya.

Pengalaman menarik selama magang adalah bertemu dengan Raffi Ahmad. Ia mengaku sempat kaget, pasalnya tiba-tiba publik figur tersebut  keluar dari pintu darurat dan menyapa seisi ruangan. “Kaget banget tiba-tiba Raffi Ahmad masuk ke ruangan kerja. Seisi ruangan jadi heboh, akhirnya kami foto bersama,” ceritanya. 

Ini Tipsnya Ikuti MBKM

Di akhir sesi Zaidan membagikan tips dan trik sebelum mendaftarkan diri untuk magang. Mahasiswa harus melengkapi beberapa dokumen seperti Curriculum Vitae (CV) Applicant Tracking System (ATS)  berbahasa Inggris, transkrip nilai, surat rekomendasi dari perguruan tinggi, dan surat pernyataan tanggung jawab mutlak. Selain dokumen tersebut, mahasiswa hendaknya telah melakukan riset bidang dan perusahaan yang akan dilamar saat magang. 

“Pasti terdapat rasa lelah, tetapi menyerah bukanlah solusi untuk menghilangkan rasa lelah tersebut,” tutupnya pada akhir sesi wawancara. 

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor: Rizky Astari 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X