Industrial Visit di Yamaha Instrument Lanjutan Serangkaian Acara SMARTA 2023  

Industrial Visit

 

FTMM NEWS – Agenda terakhir Student Mobilty Program and Industrial Visit of Advanced Technology (SMARTA 2023) FTMM Universitas Airlangga, Jumat (4/8), diisi dengan kegiatan industrial visit ke PT. Yamaha Musical Products Indonesia di Kawasan Industri PIER, Kabupaten Pasuruan.

Peserta acara tersebut berasal dari Universiti Malaya, LO mahasiswa, para pimpinan serta dosen FTMM. Acara dimulai dengan keberangkatan pada jam 07.00 WIB dari Gedung Kuliah Bersama Unair C, dan sampai ditempat industri pada jam 09.00 WIB.

Acara industrial visit berlangsung seru, dengan pembukaan orkestra instrument oleh East Wind. Kelompok orkestra dari kumpulan pegawai PT. YMPI. East Wind menampilkan empat lagu dengan judul. Seperti Yuki 100 persen, Moonlight, Lupin dan terakhir Soundtrack film “Mission Impossible”.

Muhammad Izzat Hakeem bin Rosdi, mahasiswa Prodi Information Systems in Computer Science Universiti Malaya mengakui suka dengan penampilan para musisi.

“Saya dulu sejak SMA juga belajar orkestra,” jelasnya.

Setelah itu, peserta mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan paparan singkat tentang sejarah pembangunan industri Yamaha, safety induction, produk, sistem IT di PT. YMPI. Hiromichi Ichimura sebagai Presiden Direktur PT. YMPI turut hadir dalam kesempatan ini.

Peserta juga mendapatkan kesempatan mengunjungi pabrik, melihat proses produksi alat musik. Mulai ware house, pengolahan material sampai finish good produk. Proses produksi menggunakan instruksi kerja dan standar yang berlaku di perusahaan.

Dalam sesi tanya jawab, Chandrawati Putri Wulandari, S.T., M.T., MBA., Ph.D. KPS Teknik Industri FTMM juga antusias menanyakan sejauh mana otomatisasi industri yang sudah dilakukan PT. YMPI. Apalagi perusahaan musik ini masih cukup dominan menggunakan tenaga manusia.

“Kami ingin nantinya ada sesi pertemuan lanjutan untuk membahas hal ini untuk kebutuhan kerjasama,” jelas Candra.

 

Penulis : Maryamah, Andri Hariyanto

Editor : Muhammad Syahril Mubarok

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

Tanda Tangan Elektronik, Apakah Aman?

FTMM NEWS – Salah satu imbas keberlangsungan pandemic Covid-19 adalah maraknya digunakan digital signature (tanda tangan digital, red) pada kegiatan

X