Industri Modern: Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

FTMM NEWS – Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja (K3) merupakan aspek penting dalam dunia industri. Keselamatan kerja dalam aspek industri adalah upaya perlindungan agar pekerja dalam keadaan sehat dan selamat selama melakukan pekerjaan lapangan. Dalam hal tersebut meliputi identifikasi dan analisis risiko, penilaian dampak lingkungan, pengembangan program keselamatan dan kesehatan kerja, dan pelatihan. Tujuan keselamatan kerja yaitu mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit serta meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja.

Era industri modern membawa perubahan signifikan dalam cara bekerja dan berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga, K3 menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi berkembang dengan cepat memungkinkan penggunaan mesin dan peralatan canggih dalam berbagai industri. Namun, dengan kemajuan teknologi ini, juga meningkatkan risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja.

Strategi Industri dalam Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja

Berikut adalah penerapan strategi industri dalam meningkatkan keselamatan kerja:

  1. Analisis Risiko

Proses produksi industri memerlukan penilaian risiko yang efektif dalam mengidentifikasi potensi bahaya dan tindakan meningkatkan keselamatan. 

  1. Memerhatikan Peralatan Produksi

Perusahaan memastikan bahwa memiliki peralatan mesin yang tepat. Para pekerja saat produksi berhadapan langsung dengan mesin berat, sehingga memiliki potensi menimbulkan bahaya jika mengalami kegagalan fungsi.

  1. Manajemen K3

Sistem manajemen tersebut mencakup tujuan, sasaran, dan prosedur yang jelas. Sistem ini juga harus melibatkan seluruh karyawan dan memberikan pelatihan yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen.

  1. Penggunaan Teknologi 

Penggunaan teknologi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi risiko kecelakaan kerja dengan menggunakan sistem monitoring efektif dan sistem alarm.

Daftar Pustaka : 

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13078/Kesehatan-dan-Keselamatan-Kerja-itu-Penting.html

https://masoemuniversity.ac.id/berita/pentingnya-keselamatan-kerja-di-teknik-industri.php

Penulis : Irma Mulazimatul Hidayah, Mahasiswa Teknik Industri

Editor : Andri Hariyanto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts