Green Energy Technology hingga Aplikasi Analisis Saham – Kripto, FTMM Siap Ciptakan Engineer Terbaik untuk Bangsa

FTMM NEWS – “FTMM hadir sebagai ruang belajar adik-adik untuk menjadi engineer handal untuk bangsa. Melalui program studi dan staf pengajar yang kompeten, tentu kami adalah ruang yang tepat,” ungkap Prof. Dr. Dwi Setyawan, M.Si., Apt, dalam gelaran info session AEE 2022 pada Sabtu (19/2/22).

Salah satu wujud respons kemajuan zaman yang berjalan begitu cepat, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin UNAIR telah menyiapkan berbagai rencana besar. Seperti berdirinya Pusat Riset Energi Baru dan Terbarukan.

Terlebih, lima program studi FTMM yang berbasis pada teknologi, dan dosen-dosen yang masih sangat muda. FTMM siap memberikan kontribusi terbaiknya dalam menyiapkan kader-kader engineer terbaik untuk bangsa.

Pada ajang Airlangga Education Expo (AEE) 2022, FTMM turut meramaikan dengan menampilkan hasil karyanya. Karya terbaru FTMM yakni Arvos, VesTrik, Aplikasi analisis pasar Crypto, hingga STOKEY untuk membantu investor dalam membuat keputusan pembelian saham.

 

"(dari

Arvos merupakan robot pembersih Photovoltaics secara autonomous berbasis Artificial Intelligence. Serta electrical Vespa yang merupakan konversi vespa konvensional menjadi vespa listrik ramah lingkungan.

Kendati demikian, masih banyak lagi karya-karya FTMM  yang tampil dalam gelaran AEE 2022. Seperti robot yang berhasil menjuarai KRTMI 2021, drone riset yang mampu membaca kualitas udara dan gas, robot line tracer, hingga AirFeel yang dilengkapi solar panel.

Kedepannya, FTMM akan terus berinovasi memberikan karya-karya inovatif dan solutif untuk turut menuntaskan permasalahan bangsa. Melalui riset skala lab bersama expertise sebagai staf pengajar, pasti akan melahirkan engineer-engineer hebat dari rahim FTMM.

Tentunya hal ini juga tidak lepas dari dukungan jajaran pimpinan FTMM yang senantiasa memberikan dukungan kepada sivitasnya. Lebih lanjut, dosen-dosen FTMM sangat aktif mengikuti riset mandiri maupun kolaborasi.

Komitmen Mengembangkan Green Technology dan Energy

Sementara itu, Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si, selaku Wakil Dekan III menegaskan bahwa FTMM berkomitmen kuat dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.  Green technology yang dikembangkan FTMM melalui Pusat Riset Energi Baru dan Terbarukan adalah salah satu wujudnya.

“Pusat riset tersebut adalah hasil program Matching Fund – Kedaireka 2021. Selain mengembangkan green energy, juga menghasilkan produk nyata berupa stasiun cuaca hingga robot pembersih Photovoltaics berbasis Artificial Intelligence,” jelasnya.

Lebih lanjut, hasil inovasi FTMM akan di diseminasikan kepada masyarakat melalui agenda Community Development Hub Universitas Airlangga. Seperti di Pulau Bintan dengan  produk solar charger station, di Banyuwangi dengan produk Airfeel dan teknologi pesawat nirawak.

Serta berlayar dengan Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga dengan produk Airfeel generasi 2, sepeda listrik dan pertanian hidroponik berbasis solar sel dan IoT di Pulau Gili Iyang Sumenep.

“Insyaallah FTMM akan terus mengembangkan produk renewable lain dengan basis air, listrik dan angin demi mewujudkan energi hijau seperti pada salah satu tujuan SDG’s.” pungkasnya.(*)(wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts