Green Data : Solusi Pengolahan Data Ramah Lingkungan

FTMM NEWS – Green Data adalah konsep penggunaan teknologi ramah lingkungan untuk mengolah data. Teknologi ini berkutat pada pengolahan data, pemrosesan data, penyimpanan dan transmisi data yang lebih efisien. Green Data bertujuan untuk menekan emisi karbon selama proses pengolahan data. 

Data pada masa sekarang banyak menjadi perbincangan. Mulai dalam hal promosi produk, prediksi cuaca sampai penerapan data pada teknologi-teknologi modern seperti Ai dan sebagainya. Keragaman data yang bertumpuk menjadi Big Data akan sangat sulit untuk diolah menggunakan metode pengolahan data tradisional. Penggunaan metode pengolahan data modern seperti pengolahan streaming, pemrosesan paralel serta pendekatan noSQL sering menghasilkan emisi karbon yang dapat merusak lingkungan. Hal ini yang menjadi latar belakang terbentuknya Green Data.

Salah satu contoh penerapan konsep Green Data adalah pemilihan tempat pusat data yang memanfaatkan alam. Tempat pusat data umumnya membutuhkan tempat yang dingin untuk mendinginkan suhu server yang digunakan. Penempatan pusat data dengan memanfaatkan iklim cuaca ataupun tempat merupakan salah satu dari konsep Green Data. 
Cendikia (mahasiswa S1 Teknologi Sains Data) menjelaskan, Ia dan teman-temannya sangat mendukung penerapan konsep Green Data ini. Selain pengurangan emisi karbon yang merusak lingkungan konsep ini juga mendorong inovasi dalam hal pengolahan data. Keberlanjutan dari konsep Green Data ini akan mendorong banyaknya inovasi yang ada untuk lebih berkembang lagi.

“Konsep Green Data ini merupakan konsep yang baru sehingga akan mendorong manusia untuk terus berinovasi utamanya bagi mahasiswa dengan latar belakang sains data.” Ujar Cendikia (01/12).

Akhirnya, harapannya manusia semakin concern terhadap limbah emisi karbon dari teknologi yang mereka gunakan. Green Data menjadi solusi dalam bidang pengolahan data. Namun tidak menutup pada bidang lain teknologi ramah lingkungan harus diterapkan. 

Daftar Pustaka

N, U. (2014, December 15). Kerennya Kantor Bawah Tanah Bekas Bunker Nuklir Perang Dingin. Liputan6.com. Retrieved December 1, 2023, from https://www.liputan6.com/global/read/2147504/kerennya-kantor-bawah-tanah-bekas-bunker-nuklir-perang-dingin

Penulis : Cendekia Muhammad Ander

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X