Gelar Wokshop Pemrograman Aplikasi Android Berbasis Internet of Things, FTMM Perluas Wawasan Mahasiswa

FTMM NEWS – Kemajuan teknologi terjadi begitu pesat selama beberapa dekade terakhir. Jika dimanfaatkan dengan benar, hal ini dapat berguna dan bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Salah satu wujud nyata dari kemajuan teknologi adalah munculnya Internet of Things (IoT). Internet of Thing (IoT) merupakan sebuah konsep yang mana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data, melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Perangkat ini dapat membantu menyelesaikan masalah jika diimplementasikan pada perangkat elektronik. “Dengan IoT, kita dapat mengendalikan dan atau memantau menggunakan mikrokontroller yang dapat terintegrasi dengan aplikasi berbasis android. Android menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam hidup saat ini,” ungkap Prisma Megantoro, S.T., M.Eng, dosen Teknik Elektro FTMM UNAIR.

Seperti halnya telepon genggam, sambung Prisma, tablet hingga televisi, umumnya saat ini beroperasi menggunakan sistem operasi android. Perangkat android seringkali digunakan untuk mengkakses informasi maupun multimedia berbekal koneksi internet.

Workshop bertajuk “Pemrograman Aplikasi Android untuk Sistem Telemetri Berbasis Internet of Things” terlaksana pada Sabtu (13/11/2021). FTMM berfokus pada pengaplikasian sistem telemetri berbasis IoT terintegrasi android. Telemetri merupakan serangkaian proses karakteristik fisis obyek supaya terukur dan hasilnya tersalurkan secara elektronis, sehingga data pengukuran dapat tampil.

SESI Tanya Jawab antara Pemateri dengan Peserta Wokshop
SESI Tanya Jawab antara Pemateri dengan Peserta Wokshop

Manfaat

“Dalam hal ini, IoT berfungsi untuk menampilkan data dari sebuah sensor ke gawai dengan sistem operasi android. Sehingga, kita mampu memantau output nilai sensor secara real time. Konsep workshop ini sangat cocok untuk menjadi fundamental ilmu pemrograman android, khususnya dalam pengimplementasian Internet of Things,” jelas Prisma.

Hal tersebut akan sangat berguna bagi perkuliahan di dalam kelas maupun di luar kelas. Workshop ini menjadi salah satu program luaran wajib dari matching fund Kedaireka. Terlebih, workshop ini terbuka untuk mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin dan tidak menutup kesempatan untuk mahasiswa fakultas lain dengan bidang yang serupa.

Dengan terlaksananya workshop ini semoga mahasiswa memperoleh ilmu, pengalaman, dalam hal dasar penggunaan perangkat lunak android studio. Lebih lanjut, mahasiswa bisa mempunyai kesempatan lebih banyak untuk aktif berkegiatan di luar akademik, seperti lomba-lomba inovasi, riset dosen, maupun kekaryaan yang lain. Terakhir, menambah ketertarikan dan motivasi dari mahasiswa, sehingga bisa lebih efektif dalam mengikuti proses pembelajaran yang terkait dengan bidang Internet of Things dan android.(*)(wil)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts

X